Bahlil Pastikan Mal hingga Hotel Sudah Ada di IKN pada Agustus 2024

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:15 WIB
loading...
Bahlil Pastikan Mal hingga Hotel Sudah Ada di IKN pada Agustus 2024
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara) tetap berjalan dan para investor akan mulai melakukan pembangunan pada September 2023 mendatang. Foto/Dok
A A A
CIKARANG - Menteri Investasi Republik Indonesia/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan penanaman modal dalam negeri (PMDN) di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara tetap berjalan dan para investor akan mulai melakukan pembangunan pada September 2023 mendatang.

"Jalan (PMDN di IKN), saya memimpin tim kemarin ke IKN dan pengusaha-pengusaha domestik kita seperti Pak Aguan, Pak Anthony Salim, itu mereka bulan September sudah melakukan ground breaking," ungkap Bahlil usai menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik PepsiCo Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023).



Bahlil mengatakan, para investor dalam negeri tersebut akan mulai membangun mal, ruang pertemuan, restoran hingga hotel dan ditargetkan selesai pada Agustus 2024. "Pembangunan seperti hotel kemudian ruang pertemuan, beberapa restoran untuk menuju agar tahun 2024 Agustus itu kita sudah bisa upacara di sana," ucap Bahlil

Namun, Bahlil tidak menyebutkan berapa total nilai realisasi investasi dari investor dalam negeri tersebut, dia mengaku masih akan melakukan pengecekan. "Nilainya nanti saya cek ya, tapi yang jelas sudah ada hotel, nanti sudah ada restoran, sudah ada mal , itu akan dibangun. Saya lupa nilainya, selesainya 2024, makanya kita kerjanya maraton," tuturnya.



Sebelumnya, Bahlil melakukan kunjungan kerja ke IKN bersama Konsorsium PMDN yang dipimpin oleh pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma serta Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencari solusi masalah yang dihadapi para investor dalam proyek pembangunan di IKN.

Menurut Bahlil, investor lokal telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan pembangunan proyek IKN, oleh karena itu harus diberikan terus dukungan. "Saya menyampaikan apresiasi terhadap pihak swasta hingga saat ini. Regulasi biar menjadi urusan Kementerian Investasi dan Otorita IKN, dan akan terus dipermudah," ucap Bahlil.

Kunjungan kerja tersebut juga merupakan tindak lanjut Menteri Investasi dengan Konsorsium PMDN pada Juli lalu. Adapun perkiraan untuk rencana investasi di IKN adalah Rp30-40 triliun.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)