Bahlil Ungkap Banyak Konglomerat Siap Garap IKN

Jum'at, 01 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
Bahlil Ungkap Banyak Konglomerat Siap Garap IKN
Menteri Bahlil Lahadalia menyebut sejumlah konglomerat siap bangun IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkap sejumlah konglomerat siap mendanai pembangunan IKN Nusantara . Bahlil mengatakan sudah ada beberapa konglomerat di Indonesia yang siap berkontribusi.



Menurut Bahlil, saat ini sudah ada konsorsium yang terdiri dari para pengusaha Indonesia yang siap menanamkan modalnya di IKN yang diketuai oleh bos perusahaan Agung Sedayu Group. Sedangkan anggotanya Salim Group yang merupakan induk dari Indofood, dan Sinar Mas Group.

"Yang sudah masuk itu Pak Aguan (Agung Sedayu), Pak Anthony Salim (Indofood), kemudian Pak Franky Widjaja (Sinar Mas). Mereka sudah punya konsorsium," ujar Bahlil di Ice BSD, dikutip Jumat (1/9/2023).

Bahlil menjelaskan para konglomerat tersebut siap melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pada bulan September mendatang. Masing-masing akan menggarap fasilitas kota, mulai dari rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan dan hiburan.

"Bisa dong bisa (peletakan batu pertama bulan September), sedikit lagi kok selesai," sambungnya.

Lebih lanjut Bahlil menjelaskan pada pembangunan IKN tahap awal diprioritaskan untuk para pelaku usaha di dalam negeri terlebih dahulu. Sebab saat ini masalah lokasi lahan juga belum sepenuhnya bisa dilakukan pembangunan.

Sehingga ketersediaan lahan terbatas, karena pembangunan juga masih fokus dilakukan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Sehingga para investor dalam negeri juga bisa nantinya mendapatkan kawasan-kawasan yang premium paling dekat dengan pusat kota.

Setelah itu baru investor dari luar negeri diharapkan mulai masuk untuk mendanai IKN. Mengingat ke depannya pembangunan IKN sendiri juga bakal mengandalkan pendanaan dari luar negeri. Bahkan kantong pemerintah dari APBN hanya berkontribusi 20% untuk pembangunan infrastruktur dasar, sedangkan sisanya dicari lewat investasi.

"Tahap pertama kita prioritaskan dalam negeri dulu, khususnya untuk membangun hotel, taman-taman, gedung-gedung, sekolah, rumah sakit, mal, dan sebagian fasilitas umum," kata Bahlil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)