Kimia Farma-Kalbe Farma Teken Mou di Bidang Layanan Kesehatan

Sabtu, 02 September 2023 - 17:44 WIB
loading...
Kimia Farma-Kalbe Farma Teken Mou di Bidang Layanan Kesehatan
(Kiri-kanan) Presdir Kalbe Farma Vidjongtius, Direktur Operasional KFA Muhardiman, Dirut KFA Agus Chandra, Presdir KlikDokter Hendra Tjong, dan Dirut Kimia Farma David Utama pada saat penandatanganan MoU di Jakarta, Jumat (1/9/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk dan PT Kalbe Farma Tbk menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bersinergi menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. MoU tentang Pengembangan Kerja Sama Strategis Bidang Layanan Kesehatan ini menjadi landasan strategis bagi kedua perusahaan, termasuk afiliasi atau entitas anak usaha, untuk melakukan kerja sama melalui berbagai aktivitas, kegiatan, dan transaksi.

Pada saat yang sama, PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter), anak perusahaan Kalbe yang bergerak di bidang bidang layanan Kesehatan berbasis digital dan PT Kimia Farma Apotek (KFA), anak usaha Kimia Farma di sektor ritel kesehatan, menandatangani dua perjanjian kerja sama.

Pertama, perjanjian kerja sama tentang penebusan obat secara online dengan resep digital dan fisik (e-prescription dan non e-prescription) melalui aplikasi KlikDokter dan melalui marketplace KALStore yang dilakukan pelayanannya melalui outlet apotek KFA. Kedua, perjanjian kerja sama tentang layanan telemedicine melalui video call pada aplikasi Kimia Farma Mobile.



Direktur Utama Kimia Farma David Utama mengatakan, sebagai perusahaan healthcare terintegrasi dari hulu ke hilir dan menjadi bagian dari Holding BUMN Farmasi di bawah PT Bio Farma (Persero), Kimia Farma terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Peningkatan kualitas layanan dan akses kesehatan ini telah dilakukan Kimia Farma melalui berbagai kolaborasi dengan para mitra strategis. Kali ini kami bangga bisa berkolaborasi dengan salah satu industri farmasi terbesar di Tanah Air, Kalbe Farma. Kami berharap kerja sama Kimia Farma dan Kalbe Farma dapat meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan kepada masyarakat," ungkap David dalam siaran pers, Sabtu (2/9/2023).

David menjelaskan, MoU pengembangan kerja sama strategis bidang layanan kesehatan ini menjadi bentuk komitmen Kimia Farma dan Kalbe dalam mendukung program kesehatan pemerintah melalui upaya preventif dan promotif. MoU juga mencakup kolaborasi pemasaran dan penjualan masing-masing produk kedua perusahaan baik secara offline maupun online.

"Kerja sama Kalbe dan Kimia Farma merupakan bagian dari kontribusi bersama untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Bersama Sehatkan Bangsa," tambah Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius.

Dia menambahkan, Kalbe adalah sebagai perusahaan kesehatan global swasta Indonesia, terus berinovasi untuk menyediakan produk dan layanan kesehatan yang berkualitas. "Kalbe juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kemandirian kesehatan di Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Vidjongtius, pada tahap awal, kerja sama dengan Kimia Farma akan dilakukan oleh KlikDokter, anak perusahaan Kalbe yang bergerak pada layanan kesehatan berbasis digital kesehatan. KlikDokter akan bekerja sama dengan KFA untuk proses penebusan obat secara online melalui aplikasi KlikDokter untuk obat resep dan nonresep serta melalui marketplace KALStore untuk produk nutrisi, suplemen, dan produk kesehatan lainnya. Kerja sama berikutnya adalah layanan telemedicine melalui video call pada aplikasi Kimia Farma Mobile.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)