Indonesia Masuk 10 Besar Negara Industri Manufaktur

Rabu, 29 Maret 2017 - 14:49 WIB
Indonesia Masuk 10 Besar Negara Industri Manufaktur
Indonesia Masuk 10 Besar Negara Industri Manufaktur
A A A
JAKARTA - Berdasarkan International Yearbook of Industrial Statistic 2016 yang diterbitkan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), Indonesia berhasil masuk 10 besar negara industri manufaktur terbesar di dunia. Bahkan, Indonesia mampu melampaui negara industri lainnya seperti Inggris, Rusia, dan Kanada.

Capaian ini membuat Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto optimistis terhadap kemajuan industri nasional ke depan. Apalagi, pemerintah Indonesia berkomitmen menciptakan iklim investasi industri yang kondusif.

"Serta kemudahan berusaha melalui deregulasi dan paket kebijakan ekonomi yang telah diluncurkan. Terutama dengan adanya penurunan harga gas industri dan harga komoditas mulai bangkit," ujar dia dalam rilisnya, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Sementara, Dirjen UNIDO Li Yong mengatakan, program UNIDO untuk Indonesia pada 2016-2020 merupakan generasi keempat setelah periode 2003-2004, 2005-2007, dan 2009-2013.

"Kami akan memperkuat kerja sama yang komprehensif dengan Indonesia dalam tiga prioritas tematik," katanya.

Pertama, membantu Indonesia dalam memperbanyak kegiatan riset dan pengembangan yang berorientasi pada sektor industri dan kepentingan masyarakat. Kedua, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknologi industri dengan melibatkan politeknik
dan jaringan kerja lain di Indonesia.

"Ketiga, menciptakan iklim inovatif dalam menyediakan skema insentif untuk mengangkat dan memperkuat struktur industri di Indonesia," tuturnya.

Program tersebut diyakini akan mendorong pengurangan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, pembukaan lapangan kerja, menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan peningkatan ketahanan energi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8064 seconds (0.1#10.140)