Industri Manufaktur China Terkontraksi 5 Bulan Beruntun

Senin, 30 September 2024 - 12:41 WIB
loading...
Industri Manufaktur...
Industri manufaktur China masih di bawah level ekspansif.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Aktivitas pabrik di China terus mengalami kontraksi selama lima bulan berturut-turut pada bulan September. Biro Statistik Nasional melaporkan Purchasing Managers’ Index (PMI) China pada September 2024 adalah 49,8. Angka ini menunjukan industri manufaktur China masih di bawah level ekspansif atau 50.

Namun, angka tersebut lebih baik dibandingkan bulan lalu yang berada di level 49,1. Meski naik tipis, angka ini melampaui perkiraan median 49,5 dalam jajak pendapat Reuters. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam lima bulan.



Namun, jika dipadukan dengan survei Caixin sektor swasta yang suram dan PMI jasa yang lemah, data tersebut menunjukkan aktivitas pabrik dan konsumen Tiongkok tetap menjadi masalah bagi para pembuat kebijakan yang mengakui bahwa perekonomian menghadapi 'masalah baru' dan telah menyerukan stimulus yang lebih kuat.

Para ekonom mengatakan meskipun PMI menunjukkan beberapa titik terang untuk manufaktur, pertanyaan yang lebih besar sekarang adalah apakah pengumuman kebijakan besar minggu lalu, yang mencakup pelonggaran pembatasan properti di kota-kota terbesar di China, akan cukup untuk memulai pemulihan.

"Dari perspektif makro, kebijakan-kebijakan ini tidak begitu penting, karena kota-kota ini hanya menyumbang sebagian kecil dari pasar properti nasional," kata Zhiwei Zhang, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management.

"Kebijakan utama untuk mengatasi tantangan makro tetaplah fiskal."tambahnya

Bank sentral dan regulator keuangan utama pada Minggu malam meluncurkan lebih banyak tindakan menyeluruh untuk membantu pasar perumahan, termasuk arahan bagi bank untuk menurunkan suku bunga hipotek untuk pinjaman rumah yang ada sebelum 31 Oktober.

Para analis memperkirakan stimulus dan paket obligasi baru senilai 2 triliun yuan (USD285,20 miliar) yang dilaporkan akan cukup untuk memberikan pertumbuhan sesuai target pertumbuhan China sekitar 5%, tetapi negara tersebut masih perlu mengatasi masalah permintaan yang lemah dan lingkungan perdagangan global yang semakin tidak bersahabat.



Tanda-tanda melemahnya konsumen terus-menerus terlihat jelas dalam pembacaan hari Senin dengan PMI jasa resmi turun ke 49,9 pada bulan September, menunjukkan kontraksi pertama sejak Desember tahun lalu. Sementara itu, PMI jasa Caixin menunjukkan aktivitas di sektor tersebut melambat. Zhao Qinghe, ahli statistik di NBS, mengatakan penurunan PMI jasa resmi disebabkan oleh berakhirnya puncak perjalanan liburan musim panas dan cuaca ekstrem seperti topan di beberapa wilayah.

Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa 1 triliun yuan yang akan dikumpulkan melalui obligasi khusus akan digunakan untuk meningkatkan subsidi untuk program penggantian barang konsumen dan untuk peningkatan peralatan bisnis. China juga bermaksud untuk mengumpulkan 1 triliun yuan lagi melalui penerbitan utang khusus yang terpisah untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah utang. Para pejabat China mengatakan minggu lalu program tersebut telah mendongkrak penjualan mobil, peralatan rumah tangga, dan produk dekorasi rumah.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)