Pos Indonesia Kembali Salurkan Bansos PKH, Dimulai dari NTT

Senin, 04 September 2023 - 08:52 WIB
loading...
Pos Indonesia Kembali Salurkan Bansos PKH, Dimulai dari NTT
PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) PKH tahap 3 di NTT. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) PKH tahap 3 dan sembako dari Kementerian Sosial di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan). Penyaluran bansos tersebut dimulai dari Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai 1 September 2023.

"Prosedur penyaluran bansos pertama, kami informasikan kepada pihak kecamatan maupun kades, juga pendamping PKH. Kedua, kami siapkan danom, dana, dan jadwal pembayaran. Dalam satu hari penyaluran biasanya bisa dapat seratusan KPM. Biasanya target penyaluran selesai dalam tiga hari. Kita pakai aplikasi PGC (Pos Giro Cash) biar cepat," kata Petugas juru bayar dari KCP Mbeliling, Ruslan Ibrahim.



Dia menjelaskan terdapat 300 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di dua kecamatan. Sebelum dilakukan penyaluran biasanya petugas juru bayar menyiapkan data KPM dan memberikan pengumuman kepada perangkat desa setempat.

Lantaran menyalurkan bansos di wilayah 3T yang belum semua wilayahnya terjangkau sinyal internet, petugas menggunakan PGC dalam mode offline untuk memasukkan data KPM. Jika sudah tiba di area yang terdapat sinyal, data tersebut akan disetor secara online ke dashboard khusus.

Meski penuh tantangan dan kadang menemui kesulitan, Ruslan mengaku tetap menjalankan tugas penyaluran dengan penuh tanggung jawab.

"Kesulitannya kadang KPM tidak mau difoto karena malu. Sebagai Insan Pos, saya siap menjalankan tugas karena dapat membantu kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sebagai garda terdepan penyaluran bansos, Ruslan dan petugas juru bayar lainnya kerap menyaksikan secara langsung betapa para penerima bantuan memang layak menerima karena kondisinya yang miskin. Dia berharap seterusnya bantuan akan disalurkan melalui Pos Indonesia. "Harapannya bantuan ini semoga selalu disalurkan di Kantorpos," jelasnya.

Camat Mbeliling, Yohanes Hibur, yang ditemui di sela penyaluran bansos menyatakan apresiasi atas kesigapan Pos Indonesia menyalurkan bantuan ke wilayah 3T.

"Atas nama Pemerintah Kecamatan Mbeling dan 16 KPM yang hari ini menerima manfaat, saya menyampaikan terima kasih banyak dan apresiasi untuk kepedulian pemerintah pusat, dalam hal ini melalui PT Pos Indonesia," tuur Yohanes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)