KCIC Pastikan PM China dan Luhut Hanya Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bukan Meresmikan

Senin, 04 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
KCIC Pastikan PM China dan Luhut Hanya Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bukan Meresmikan
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait mencuatnya wacana peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 8 September 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait mencuatnya wacana peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 8 September 2023. Dimana Perdana Menteri (PM) China Li Qiang akan ikut dalam agenda tersebut.

Dirut Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, betul adanya rencana dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Perdana Menteri (PM) China, Li Qiang menjajal KCJB.

Dia juga mengatakan, bahwa kunjungan tersebut hanya ingin menjajal KCJB bukan meresmikan KCJB. Kunjungan tersebut dijadwalkan dari Stasiun Halim.

"Iya (Jajal). Dia (PM China) rencana bisa tanggal 7 tanggal 6, kan Perdana Menteri Tiongkok kebetulan berada di ASEAN Meeting ya, beliau diundang dan di sela-sela kegiatan mau coba kereta cepat dari Halim dan Karawang bareng pak Luhut. Itu yang kami siapkan," katanya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/9/2023).



Adapun terkait dengan peresmian KCJB, Dwiyana mengatakan pihaknya masih menunggu konfirmasi keputusan dari pemerintah. "Kami masih nunggu konfirmasi pemerintah," katanya.

Adapun sebelumnya, wacana peresmian pada September 2023 tersebut dikabarkan oleh Luhut di Kompleks Isatan Kepresidenan Jakarta, Jumat (1/9/2023). "Ya nanti 8 September saya dampingi ada perdana menteri China coba ke Bandung," katanya.

Adapun sebelumnya, pada 6 September 2023 Luhut mengatakan, akan menjajal terlebih dahulu Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal tersebut guna mengecek keseluruhan proyek tersebut.

"Nanti akan kami coba cek tanggal 6 mestinya semua oke," Kata Luhut di Stasiun Dukuh Atas usai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek, Senin (28/8/2023).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)