7 Organisasi Internasional yang Akan Hadir di KTT ASEAN Jakarta 2023, Ada PBB hingga IMF

Senin, 04 September 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A

4. World Economic Forum


Organisasi internasional yang bakal datang di KTT ke-43 ASEAN Jakarta 2023 berikutnya adalah World Economic Forum. Nantinya, perwakilan lembaga ini akan hadir bersama para undangan kehormatan lain dari berbagai negara.

5. Indian Ocean Rim Association (IORA)


Indian Ocean Rim Association (IORA) adalah sebuah organisasi regional di wilayah Samudera Hindia. Lembaga ini juga mendapat undangan untuk menghadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa IORA akan hadir diwakili oleh Bangladesh selaku ketuanya. Terkait alasan undangan diberikan, tujuannya adalah melihat prioritas terkait Indo Pasifik yang damai, stabil, sejahtera, dan inklusif.

6. Pacific Island Forum (PIF)


Berikutnya ada Pacific Island Forum (PIF). Organisasi kerjasama antarnegara Pasifik ini diundang juga dalam agenda KTT ASEAN 2023.

Pada perwakilan yang hadir, Pacific Island Forum (PIF) akan diwakilkan oleh Kepulauan Cook sebagai ketuanya.

7. Trilateral Cooperation Secretariat


Delegasi perwakilan Trilateral Cooperation Secretariat juga mendapat undangan KTT ke-43 ASEAN 2023. Namun, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyampaikan bahwa situasi masih dinamis dan belum memastikan kehadirannya dengan pasti.

Itulah sejumlah organisasi internasional yang bakal hadir di KTT ASEAN ke-43 Jakarta 2023.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)