Sumber Kekayaan Sam Altman, Sosok Pendiri ChatGPT

Rabu, 06 September 2023 - 11:04 WIB
loading...
Sumber Kekayaan Sam Altman, Sosok Pendiri ChatGPT
Sam Altman telah mengumpulkan kekayaan bersih USD250 juta dari berbagai usaha bisnisnya. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Sam Altman merupakan pendiri ChatGPT , teknologi chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. Chatbot tersebut menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sebuah tugas sesuai perintah.

Keberhasilan ChatGPT telah membawa nama Sam Altman ke tingkat kepopuleran yang lebih tinggi dalam industri teknologi.

Lalu, dari mana kekayaan Sam Altman? Berikut sumber kekayaan Sam Altman beserta perjalanan kariernya yang luar biasa.

Sumber Kekayaan Sam Altman


Sebagai seorang pebisnis sukses, Sam Altman telah mengumpulkan kekayaan bersih USD250 juta atau setara dengan Rp3,8 triliun melalui berbagai usaha bisnisnya.

Altman ikut mendirikan banyak perusahaan. Selain sebagai pendiri ChatGPT, Sam Altman juga menjabat sebagai CEO OpenAI.



Sebelumnya, dia menjabat sebagai presiden Y Combinator. Altman juga terlibat sebagai ketua di berbagai perusahaan dan terlibat dalam kegiatan filantropis.

Sam Altman lahir pada 22 November 1985 di St. Louis, Missouri, AS. Dia menunjukkan bakat teknis sejak usia dini dan mengikuti jejak pendidikan tinggi di Universitas Stanford.

Altman kemudian meninggalkan Stanford setelah dua tahun dan memfokuskan dirinya pada pengembangan perusahaan teknologi.

Pada 2005, Altman mendirikan Loopt, sebuah perusahaan yang berfokus pada layanan lokasi berbasis ponsel. Loopt adalah salah satu pelopor dalam ruang teknologi lokasi, dan kesuksesan awalnya membantu Altman membangun nama dalam dunia bisnis.

Loopt diakuisisi oleh Green Dot Corporation dengan nilai transaksi yang mencapai USD43,4 juta atau setara dengan Rp664 triliun pada tahun 2012.

Tak berhenti sampai disitu, Sam Altman juga merupakan salah satu pendiri Y Combinator (YC), salah satu akselerator startup paling terkenal di dunia.

YC telah berperan penting dalam menggali dan mengembangkan banyak perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Reddit, Airbnb, dan Dropbox.

Altman menjadi Presiden YC pada 2014 dan memainkan peran utama dalam membantu banyak startup mengatasi tantangan awal mereka.

Kekayaan Sam Altman juga dipengaruhi oleh investasi yang sukses. Selama beberapa tahun, dia telah berinvestasi dalam berbagai perusahaan terkenal seperti Airbnb, Dropbox, Stripe, dan Reddit.

Keputusannya untuk berinvestasi dalam perusahaan-perusahaan ini sebelum mereka mencapai kesuksesan besar telah membawanya ke dalam jajaran investor terkemuka di Silicon Valley.

Selain itu, Altman juga terlibat dalam berbagai proyek penelitian dan pengembangan teknologi terkait kecerdasan buatan. Ini termasuk keterlibatannya dalam perusahaan seperti OpenAI, yang menciptakan teknologi seperti ChatGPT.

Dengan kekayaan yang melimpah, Sam Altman tinggal di San Francisco, California. Dia menikmati gaya hidup mewah dengan memiliki beberapa properti dan menyukai mobil mewah dan jet berkecepatan tinggi.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)