PHE ONWJ dan PHE OSES Kolaborasi Tanam 37.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Rabu, 06 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
PHE ONWJ dan PHE OSES Kolaborasi Tanam 37.000 Mangrove di Kepulauan Seribu
PHE ONWJ dan PHE OSES kolaborasi mengaja ekosistem laut dengan menanam 37.000 mangrove di Kepulauan Seribu. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java ( PHE ONWJ ) dan Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatra (PHE OSES) yang tergabung dalam Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, beserta SKK Migas menanam 37 .000 bibit mangrove di Kepulauan Seribu, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Penanaman mangrove ini merupakan komitmen Pertamina dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia, Jokowi, yang menekankan pentingnya mangrove bagi pengembalian habitat hewan maupun tumbuhan.



Senior Manager Relations Regional Jawa, Agus Suprijanto dalam sambutannya mengatakan PHE ONWJ dan PHE OSES senantiasa memperhatikan kebutuhan masyarakat dan turut serta secara aktif menjaga ekosistem di sekitar wilayah operasi. Hingga September 2023 ini, Regional Jawa telah melakukan penanaman bibit mangrove dan tanaman keras sebanyak lebih 73.268 di seluruh wilayah operasi.

Penanaman ini tidak hanya menggandeng unsur masyarakat, tapi juga unsur TNI, pemerintah setempat, dan aktivis lingkungan. "Program tanggung jawab sosial dan lingkungan memang kami angkat dari kebutuhan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023).

Sementara, Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, George Nicolas Simanjuntak menuturkan penanaman ini adalah juga merupakan komitmen program yang disepakati PHE ONWJ dan PHE OSES bersama SKK Migas.

"Saya mewakili SKK Migas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PHE OSES dan PHE ONWJ dalam acara ini. Kegiatan ini merupakan kesepakatan yang sudah kami rencanakan," kata dia.



George menambahkan keberlanjutan lingkungan telah menjadi bagian dari kegiatan hulu migas. Selain upaya-upaya mengurangi emisi karbon dalam setiap kegiatan operasional, maka kegiatan menanam pohon merupakan salah satu cara bagaimana hulu migas menangkap emisi karbon.

"Komitmen hulu migas menanam pohon terus meningkat, tahun 2021 menanam 1,2 juta pohon, maka di tahun 2022 meningkat menjadi 1,7 juta pohon dan di tahun 2023 ditargetkan bisa menanam 2 juta pohon," ujarnya.

Wakil Camat Kecamatan Kepulauan Seribu, Utara Yulihardi mengatakan, masyarakat di tempatnya sudah merasakan kehadiran PHE ONWJ dan PHE OSES. "Saya berharap program-program dari PHE OSES dan PHE ONWJ bisa sejalan dengan program pemerintah daerah," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)