Pengembangan Energi Bersih dari Blue dan Green Ammonia Tampil di AIPF 2023

Kamis, 07 September 2023 - 14:01 WIB
loading...
Pengembangan Energi Bersih dari Blue dan Green Ammonia Tampil di AIPF 2023
Pengembangan blue dan green ammonia terus dilakukan di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) turut serta dalam penyelenggaraan ASEAN Indo Pasific Forum (AIPF) di Jakarta pada tanggal 5 dan 6 September 2023. Kegiatan bisa menjadi momen tepat bagi perusahaan untuk menunjukkan peran strategisnya dalam pembangunan nasional.



Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, dengan memanfaatkan kekuatan kolektif ASEAN dan Indo-Pasifik serta semangat kerja sama, seluruh pihak dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan di seluruh kawasan.

"Saat ini, kita berada pada momen penting, momen peluang, momen tanggung jawab. Kita berkumpul untuk membangun masa depan yang lebih terhubung, lebih sejahtera, dan lebih berkelanjutan untuk kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik," kata Erick dikutip Kamis (9/7/2023).

Sementara itu, Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis Pupuk Indonesia Jamsaton Nababan mengungkapkan dalam forum strategis ini pihaknya akan memperkenalkan pengembangan blue ammonia dan green ammonia. Keduanya merupakan salah satu sumber energi bersih di masa depan dan diprediksi kebutuhannya akan semakin meningkat.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pengembangan adalah salah satu bentuk diversifikasi usaha Pupuk Indonesia yang sekaligus mendukung hilirisasi industri hidrogen dalam negeri untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Terlebih Pupuk Indonesia memiliki pengalaman lebih dari lima puluh tahun dalam memproduksi, mendistribusikan, dan mengelola amonia.

"Dalam kesempatan business matching, Pupuk Indonesia memperkenalkan sejumlah pengembangan blue ammonia dan green ammonia yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan asing," kata Jamsaton.

Ada empat rencana pengembangan blue ammonia dan green ammonia yang dipaparkan dalam AIPF 2023, yaitu blue ammonia di Pulau Yamdena bersama INPEX dari Jepang. Kemudian pengembangan blue ammonia pada kawasan Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Aceh bersama Mitsui dari Jepang.

Selanjutnya adalah pengembangan hybrid green ammonia di Petrokimia Gresik bersama PLN dan ACWA Power asal Arab Saudi. Terakhir, Pupuk Indonesia juga berencana untuk mengembangkan hybrid green ammonia di Pupuk Iskandar Muda (PIM) bersama Toyo dan Mitsui asal Jepang.

“Bersama dengan perusahaan-perusahaan tersebut, kami akan melakukan kajian-kajian yang telah kami tuangkan dalam nota kesepahaman atau MoU,” jelas Jamsaton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)