Ganjar Creasi Latih Petani dan Peternak Budi Daya Maggot

Sabtu, 09 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
Ganjar Creasi Latih Petani dan Peternak Budi Daya Maggot
Ganjar Creasi budi daya maggot di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jatim, Sabtu (9/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
LAMONGAN - Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) kembali melanjutkan kegiatan bermanfaat untuk masyarakat Jawa Timur (Jatim). Kegiatan budi daya maggot dilaksanakan di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jatim, Sabtu (9/9/2023).

Pelatihan yang diikuti puluhan petani dan peternak itu bertujuan untuk mengedukasi para peserta akan tingginya potensi maggot dalam dunia pertanian dan peternakan.



Koordinator Wilayah G-Creasi Jatim, Ilham Hasan menyebut, maggot bisa dijadikan pakan ternak serta kotorannya bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.

"Jadi ketika kita memelihara maggot, siklusnya itu bisa berguna untuk apapun. Mudah memelihara, hasilnya pun bisa untuk pakan (ternak), pupuk, dan lain sebagainya," kata Ilham.

Meski bentuknya yang menggelikan, budi daya maggot dijelaskan Ilham, memiliki banyak keuntungan. Bukan sekadar teknik pemeliharaan yang mudah, tapi juga memiliki potensi ekonomis.

"Kenapa kami memilih budidaya maggot, karena maggot itu budidayanya cukup mudah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di lapangan, itu bisa kita budidaya maggot. Bahannya itu bisa dari kotoran hewan, dan kotoran dari maggot itu bisa dijadikan pupuk," jelas Ilham.

Para peserta pun juga nampak antusias dan bersemangat mengikuti jalannya pelatihan. Ilham menyebut, hal itu terjadi karena budi daya maggot masih terbilang asing di antara mereka.

Lewat kegiatan ini, relawan beranggotakan para alumni mahasiswa tersebut berharap para petani dan peternak yang mengikuti pelatihan bisa mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapat. "Karena dengan modal yang cukup minim, masyarakat bisa memaksimalkan hasilnya," sebutnya.

Solusi Sampah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)