Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Surabaya-Jeddah

Senin, 11 September 2023 - 12:32 WIB
loading...
Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Surabaya-Jeddah
Garuda Indonesia kembali membuka rute penerbangan dari Surabaya ke Tanah Suci Makkah mulai Senin (11/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ( GIAA ) resmi melayani kembali rute penerbangan dari Surabaya ke Tanah Suci Makkah mulai Senin (11/9/2023). Pembukaan kembali rute ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan perseroan dalam memperluas jaringan penerbangan umrah dari lima kota besar di Indonesia yakni, Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar dan Surabaya.

"Adapun penerbangan ke Tanah Suci dari Surabaya tersebut dilayani dengan menggunakan armada A330-900 melalui rute penerbangan Surabaya-Jeddah pp," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangan resminya, Senin (11/9/2023).



Dia menjelaskan melalui ketersediaan rute penerbangan dari Surabaya menuju Jeddah ini akan mampu menjadi nilai tambah tersendiri bagi masyarakat di wilayah Jawa Timur, terutama dari segi kemudahan akses menuju bandara yang semakin efisien waktu termasuk untuk durasi perjalanan menuju Tanah Suci tanpa harus transit di kota lain yang memerlukan waktu lebih panjang.

Menurutnya, Kota Surabaya dan sekitarnya memiliki peluang pangsa pasar yang luas untuk dioptimalkan di tengah meningkatnya permintaan masyarakat muslim di Indonesia untuk melakukan perjalanan spiritual, baik ibadah umrah maupun haji.

Berkaca dari tahun lalu, kata Irfan, di mana Provinsi Jawa Timur menempati provinsi kedua dengan jemaah umrah terbanyak di Indonesia, maka GIAA berharap dapat secara maksimal dapat memenuhi kebutuhan konektivitas udara yang tentunya akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang melalui kesiapan layanan operasional penerbangan yang aman dan nyaman.

Penerbangan Surabaya-Jeddah pp ini selanjutnya akan dilayani setiap dua kali per minggunya, yaitu setiap hari Senin dan Kamis dengan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide-body) jenis Airbus 330-900neo yang memiliki kapasitas sebanyak 295 penumpang.



Penerbangan Surabaya-Jeddah dilayani dengan GA984 berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 07.50 WIB dan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 14.25 LT. Sementara itu penerbangan Jeddah-Surabaya dilayani dengan GA985 dan diberangkatkan dari bandara internasional King Abdulaziz pukul 16.30 LT dan tiba di Surabaya keesokan harinya pukul 10.20 WIB.

"Melalui pengoperasian rute umrah ini secara berkesinambungan dapat mendorong roda perekonomian di wilayah Jawa Timur dengan fokus aktivitas jemaah umrah dari Jawa Timur yang terfokus di Surabaya tanpa harus ke Jakarta terlebih dahulu," ujar Irfan.

Selain itu, potensi komoditas unggulan Jawa Timur juga berkesempatan untuk menjangkau lebih luas lagi pangsa pasar di Timur Tengah ke depannya, dengan ketersediaan kargo udara langsung dari Surabaya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)