Elon Musk Dipuji Putin Habis-habisan Usai Tolak Bantu Ukraina Serang Rusia

Rabu, 13 September 2023 - 18:47 WIB
loading...
Elon Musk Dipuji Putin Habis-habisan Usai Tolak Bantu Ukraina Serang Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin melayangkan pujian kepada pengusaha kelahiran Afrika Selatan, Elon Musk yang menurutnya sebagai sosok luar biasa dan pengusaha hebat. Foto/Dok
A A A
VLADIVOSTOK - Presiden Rusia, Vladimir Putin melayangkan pujian kepada pengusaha kelahiran Afrika Selatan, Elon Musk yang menurutnya sebagai sosok luar biasa dan pengusaha hebat ketika SpaceX telah menjadi pemain utama dalam industri transportasi ruang angkasa.



Pujian publik Putin terhadap Musk disampaikan hanya berselang beberapa hari setelah pengusaha yang berbasis di AS (Amerika Serikat) itu menolak permintaan Ukraina tahun lalu untuk mengaktifkan jaringan satelit Starlink miliknya di kota pelabuhan Sevastopol, Krimea.

Artinya Musk menolak membantu Ukraina melakukan serangan terhadap armada Rusia di sana. Orang terkaya di dunia itu mengaku takut terlibat dalam tindakan perang "besar".



Mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev juga memberikan pujian kepada Musk atas keputusan itu lewat media sosial Twitter/X. Di sisi lain, Musk telah mendapatkan kritikan tajam oleh politisi Ukraina.

Putin berbicara dalam sebuah forum ekonomi di timur jauh Rusia, meski tidak merujuk pada insiden Starlink. Tetapi ketika ditanya soal keberhasilan perusahaan SpaceX Musk dalam meluncurkan roket ke luar angkasa, Putin berkata:

"Sejauh menyangkut bisnis swasta dan Elon Musk ... Dia tidak diragukan lagi adalah orang yang luar biasa. Ini harus diakui, dan saya pikir itu diakui di seluruh dunia," bebernya

"Dia (Musk) adalah pengusaha yang aktif dan berbakat dan mencetak banyak keberhasilan, termasuk dengan dukungan negara Amerika," tambah Putin.

Lebih lanjut pemimpin Rusia itu mengatakan, Moskow berencana untuk bertahan dengan program luar angkasanya sendiri meskipun misi ke Bulan bulan lalu menemui kegagalan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3886 seconds (0.1#10.140)