Draghi: Pemulihan Ekonomi Zona Euro Makin Cepat

Jum'at, 28 April 2017 - 15:09 WIB
Draghi: Pemulihan Ekonomi Zona Euro Makin Cepat
Draghi: Pemulihan Ekonomi Zona Euro Makin Cepat
A A A
BRUSSELS - Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan, pemulihan ekonomi zona euro semakin solid dan menghadapi risiko yang lebih sedikit. Tetapi dia menambahkan bahwa inflasi di 19 negara blok masih cukup tinggi untuk menaikkan suku bunga acuan.

Seperti dilansir BBC, Jumat (28/4/2017) ECB sendiri telah menjaga tingkat suku bunga ditahan tetap nol persen selama beberapa bulan. Pihak bank juga memutuskan untuk tidak mengubah skema stimulus obligasi yang sudah dikurangi 60 miliar euro per bulan dari 80 miliar euro.

Keyakinan ekonomi menjadi yang tertinggi sejak krisis utang zona euro, tapi inflasi yang ditargetkan ECB telah meleset untuk tahun kelima beruntun. Draghi menerangkan pemulihan ekonomi zona euro dibantu oleh belanja konsumen yang lebih tinggi diikuti pertumbuhan upah serta pemulihan ekonomi global.

Selain itu dia menambahkan tekanan inflasi relatif lebih tenang, saat harga sebagian besar komoditas mengalami kenaikan awal tahun ini. "Risiko sekitar prospek pertumbuhan kawasan euro, sementara bergerak menuju konfigurasi yang lebih seimbang," sambungnya.

ECB memotong suku bunga utama menjadi nol tahun lalu, dalam upaya merangsang pertumbuhan ekonomi dan menghindari deflasi atau kejatuhan harga. Analis yang masih memantau untuk pentunjuk apapun menerangkan bahwa program membeli obligasi yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif (QE), akan berkurang.

Sementara pada pasar mata uang, euro telah jatuh sebesar 0,5% terhadap dolar Amerika Serikat (USD) di bawah level 1,09. Disisi lain pertumbuhan ekonomi telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa bulan terakhir. Inflasi tergelincir kembali ke 1,5%, setelah sempat sebentar di atas target ECB pada bulan Februari untuk pertama kalinya dalam empat tahun.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7143 seconds (0.1#10.140)