Indonesia dan China Bisa Perkuat Kerja Sama Sektor Maritim hingga Sarang Burung Walet

Jum'at, 15 September 2023 - 13:54 WIB
loading...
Indonesia dan China Bisa Perkuat Kerja Sama Sektor Maritim hingga Sarang Burung Walet
Indonesia dan China terus memperkuat kerja sama kedua negara. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, Zhou Zuyi, di Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Fuzhou, Provinsi Fujian, China , Jumat (15/9/2023). Pada kesempatan itu, Zhou Zuyi mengharapkan Indonesia dan China dapat memperkuat kerja sama, terutama di sektor maritim untuk produk kelautan dan perikanan hingga sarang burung walet.



Dia juga mendorong terjadinya integrasi sektor perikanan kedua negara secara mendalam dengan memanfaatkan potensi ekonomi kelautan masing-masing.

“Kami akan secara aktif mendorong untuk mempermudah perizinan dan akses pasar bagi masuknya produk-produk Indonesia, seperti produk kelautan, buah-buahan tropis, dan sarang burung walet,” janji Zhou Zuyi dalam keterangan resminya.

Bulan depan, sambung Zhou Zuyi, Fujian akan menyelenggarakan konferensi peralatan maritim dunia. Untuk itu, dia mengharapkan atensi perusahaan Indonesia untuk mengikuti konferensi tersebut dan menjajaki peluang kerja sama di bidang kapal dan peralatan lepas pantai.

Lebih lanjut, Zhou Zuyi mengajak agar Indonesia dan China terus membangun proyek-proyek besar yang berfokus pada beberapa sektor industri penting seperti pertanian, permesinan, elektronik, dan pertambangan hijau.

“Pemerintah Daerah Provinsi Fujian bersama pemerintah pusat juga telah bekerja sama untuk membangun mekanisme kerja yang sangat baik untuk mendorong instalasi infrastruktur yang akan membantu meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia dan Fujian,” imbuhnya.

Terakhir, terkait penguatan People-to-People Contacts, Zhou Zuyi memastikan bahwa Fujian sangat mendukung program ini. Bahkan beberapa kota di Fujian telah melakukan kerja sama antarkota dengan kota-kota di Indonesia.



“Provinsi Fujian telah menjalin persahabatan yang baik dengan Provinsi Jawa Tengah selama dua puluh tahun. Selain itu kami juga sudah menjalin beberapa kota persahabatan dengan Semarang, Surabaya, Malang, dan Palembang,” paparnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)