Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Wong Kito Ganjar Latih Pembibitan Kelapa Hibrida

Sabtu, 16 September 2023 - 12:30 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Wong Kito Ganjar Latih Pembibitan Kelapa Hibrida
Wong Kito Ganjar mengedukasi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir dengan pelatihan usaha perkebunan pembibitan kelapa hibrida. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SUMSEL - Kelapa menjadi komoditas perkebunan yang memiliki sejuta manfaat kehidupan baik ekonomi maupun sosial (socio tropical crops). Sebab, varietas ini bisa dimanfaatkan hampir semua bagian tanamannya.

Melihat potensi itu, simpatisan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Wong Kito Dewe bergerak mengedukasi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir dengan pelatihan usaha perkebunan "pembibitan kelapa hibrida".

Kelapa hibrida sendiri merupakan hasil persilangan antara kelapa genjah dan kelapa dalam. Agenda itu berlangsung di Desa Bakung, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel), Sabtu (16/9/23).



Perwakilan Relawan Wong Kito Dewe, Ahmad Nurhadi mengatakan sebelum memulai bisnis di bidang perkebunan, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memahami varietas tanaman yang hendak dibudidayakan.

"Untuk kali ini kami dari relawan Wong Kito Dewe ini melakukan kegiatan yaitu peningkatan usaha perkebunan yaitu meliputi pelatihan pembibitan kelapa. Kelapa ini jenisnya ini kelapa hibrid," kata Hadi.

Pria yang kerap disapa Hadi mengungkapkan pada pelatihan tersebut masyarakat diberikan edukasi mulai dari penyemaian, penanaman, panen, hingga pembibitan kelapa meski di lahan terbatas.

Hadi berharap masyarakat dapat lebih produktif dengan melakukan penanaman dan budidaya kelapa hibrida ini sehingga berdampak pada taraf hidup serta perekonomian keluarga.

Kegiatan tersebut, lanjut Hadi, terinspirasi dari Ganjar Pranowo yang selalu mengoptimalkan potensi sumber daya alam (SDA) di Jawa Tengah selama memimpin dua periode sejak 2013-2023 sebagai gubernur.

"Kalau untuk tujuannya itu kan ya kita sama sama tau untuk potensi dari kelapa ini sangat banyak. Seperti contoh tadi mulai dari yang ibu-ibu itu keperluannya bisa untuk bahan-bahan (memasak) mereka, bapak-bapak bisa untuk bahan bakar menjadi bahan bakar atau menjadi minyak kelapa itu kan banyak potensi dari kelapa," ucap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)