Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim Antam Masuki Tahapan First Metal Tapping

Selasa, 19 September 2023 - 06:54 WIB
loading...
Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim Antam Masuki Tahapan First Metal Tapping
Antam mengumumkan bahwa Perusahaan telah melakukan proses tapping metal perdana (first metal tapping) Pabrik Feronikel Haltim. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam yang merupakan anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) - BUMN Holding Industri Pertambangan, mengumumkan bahwa Perusahaan telah melakukan proses tapping metal perdana (first metal tapping) Pabrik Feronikel Haltim yang dilaksanakan pada tanggal 12 September 2023.



First metal tapping merupakan rangkaian commissioning Pabrik Feronikel Haltim dan kelanjutan dari tahapan switch-on Electric Smelting Furnace (ESF) yang telah diselenggarakan sebelumnya pada tanggal 19 Juli 2023.

"First metal tapping Pabrik Feronikel Haltim merupakan tahapan ketiga dari rangkaian commissioning yang ditargetkan akan selesai pada akhir triwulan ketiga tahun 2023 ini," ujar Direktur Pengembangan Usaha Antam, I Dewa Wirantaya dalam keterangannya.



Selama proses commissioning, dipastikan Antam senantiasa memastikan kestabilan dan keselamatan operasi pabrik. Dengan dilaksanakannya proses first metal tapping, selanjutnya Antam akan mulai mempersiapkan produksi komersial.

Pabrik Feronikel Haltim yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara akan memiliki kapasitas produksi sebesar 13.500 Ton Nikel dalam Feronikel (TNi). Nantinya, setelah beroperasi secara penuh, Pabrik Feronikel Haltim akan mendukung produksi feronikel dari Pabrik Feronikel Kolaka di Sulawesi Tenggara yang berkapasitas 27.000 TNi, sehingga Antam akan memiliki portofolio kapasitas produksi feronikel terpasang sebesar 40.500 TNi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)