5 Penyebab Utama KPR Ditolak oleh Bank, Apa Saja?

Rabu, 20 September 2023 - 13:46 WIB
loading...
5 Penyebab Utama KPR Ditolak oleh Bank, Apa Saja?
Ada beberapa faktor penyebab KPR ditolak oleh bank. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mungkin belum mengetahui penyebab KPR ditolak oleh bank. Padahal, calon debitur perlu mengetahuinya untuk meningkatkan peluang mendapatkan kredit.

KPR ( Kredit Pemilikan Rumah ) adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah.

Manfaat KPR juga dapat memudahkan orang yang tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli rumah secara langsung. Meski begitu besar manfaatnya, banyak di antara mereka yang ditolak oleh bank karena beberapa faktor.



Berikut ini adalah lima penyebab KPR seseorang mudah ditolak oleh bank.

Penyebab Utama KPR Ditolak Bank


1. Dokumen Tidak Lengkap


Dalam pengajuan KPR, dokumen yang lengkap dan akurat sangat penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran. Dokumen yang tidak lengkap dapat menjadi penyebab utama KPR ditolak.

Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan di antaranya surat keterangan kerja, slip gaji, dan rekening koran. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan baik sebelum mengajukan KPR.

2. Usia Tidak Produktif


Usia tidak produktif dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan KPR ditolak. Bank biasanya mempertimbangkan usia calon peminjam dalam menentukan kelayakan KPR. Usia yang terlalu muda atau terlalu tua dapat menjadi kendala dalam pengajuan KPR.



Calon peminjam yang terlalu muda mungkin belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Sementara calon peminjam yang terlalu tua mungkin dianggap kurang produktif dan berisiko tidak dapat membayar cicilan KPR tepat waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)