Fed Tahan Suku Bunga di Level Tertinggi Lebih dari 2 Dekade

Kamis, 21 September 2023 - 07:16 WIB
loading...
Fed Tahan Suku Bunga di Level Tertinggi Lebih dari 2 Dekade
Bank sentral Amerika Serikat (AS) alias the Fed mempertahankan suku bunga utamanya di tengah perdebatan apakah cukup untuk menstabilkan harga. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Bank sentral Amerika Serikat (AS) alias the Fed mempertahankan suku bunga utamanya di tengah perdebatan apakah cukup untuk menstabilkan harga. Keputusan ini membuat suku bunga Federal Reserve berada di posisi 5,25%-5,5% yakni level tertinggi dalam lebih dari dua dekade.



Bank telah menaikkan biaya pinjaman dari mendekati nol pada Maret 2022 dalam upaya untuk mendinginkan ekonomi dan mengendalikan inflasi. Beberapa pihak ada yang berharap Fed masih terus menjaga tren suku bunga tinggi.

Sementara itu setelah pertemuan menunjukkan mayoritas pembuat kebijakan memperkirakan suku bunga akan berdiri di atas 5,5% pada akhir tahun, menyiratkan setidaknya bakal ada satu kenaikan lebih lanjut. Mereka juga melihat suku bunga tetap lebih tinggi tahun depan dari perkiraan sebelumnya.



Pengumuman di AS disampaikan menjelang pertemuan Bank of England pada hari Kamis, waktu setempat yang juga sedang berjuang yang menghadapi lonjakan inflasi.

Bank secara luas diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga. Tetapi data pada hari Rabu menunjukkan harga konsumen Inggris naik pada tingkat yang lebih lambat dari yang diperkirakan bulan lalu, menimbulkan pertanyaan tentang tindakan selanjutnya. Bank Sentral Eropa sempat menaikkan suku bunga awal bulan ini.

"The Fed sedang mengalami tantangan yang sama dengan bank sentral lainnya dalam hal kebijakan fine-tuning," kata Sarah House, ekonom senior di Wells Fargo.

"Semakin banyak risiko bergeser dari inflasi menjadi satu-satunya titik fokus, menjadi harus menyeimbangkan pertarungan inflasi untuk memastikan The Fed tidak melakukan tekanan yang tidak perlu," sambungnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)