Komisi VII DPR Dukung CNPC Tingkatkan Investasi Migas di Indonesia

Kamis, 21 September 2023 - 08:26 WIB
loading...
Komisi VII DPR Dukung CNPC Tingkatkan Investasi Migas di Indonesia
Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto menegaskan siap mendukung pengembangan investasi migas di Tanah Air. Foto/Ist
A A A
NUSA DUA - KeinginanChina National Petroleum Corporation (CNPC) memperluas kerja sama eksplorasi dan pengembangan migas maupun energi terbarukan di dalam negeri mendapat sambutan baik dari Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto. Investasi dari induk usaha PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) itu dinilai penting untuk menjaga cadangan energi nasional.

"Ini langkah yang bagus, memang investasi harus seperti itu. Kita harapkan PetroChina Jabung terus melakukan eksplorasi sehingga tetap bisa mempertahankan dan menambah cadangan yang ada," kata Sugeng Suparwoto seusai menjadi pembicara pada sesi diskusi "Navigating the Energy Trilemma: Oil and Gas Industry Taking Strides" di The 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas Industry 2023, di Nusa Dua, Bali, Rabu (20/9/2023).



Sugeng pun menegaskan bahwa Komisi VII DPR siap menjadi jembatan antara investor, pelaku usaha dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah demi mendorong investasi migas. "Bukan campur tangan ya, tapi Komisi VII DPR dengan senang hati men-support. Seperti yang saya kemukakan di forum tadi, Komisi VII DPR kan selain fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, tapi ada fungsi satunya yaitu fungsi problem solving," jelasnya.

Sektor migas, tegas Sugeng, memiliki peran penting bagi bangsa dan negara. Selain menyerap banyak tenaga kerja, sektor migas juga memiliki kontribusi besar terhadap pendapatan negara, baik pajak maupun nonpajak.



"Sebagaimana diungkapkan (Menkeu) Sri Mulyani dan menteri investasi, migas menyumbang cukup besar dalam PDB kita sampai 3,5% lebih. Jadi migas tetap menjadi faktor penting," tegas wakil rakyat dari Fraksi Nasdem ini. Terkait dengan itu, Sugeng meminta agar para investor tidak ragu karena Pemerintah Indonesia menjamin kepastian hukum dan kepastian usaha.

Sebelumnya, saat menerima kunjungan CNPC di sela KTT ASEAN 2023 di Jakarta, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto juga mengungkapkan apresiasinya atas kinerja PCJL di Wilayah Kerja (WK) Jabung sejak 2002.

Saat ini, Jabung merupakan salah satu dari sepuluh besar produsen migas di Indonesia yang terus meningkatkan produksinya dalam beberapa tahun terakhir. Dwi menambahkan, CNPC yang merupakan salah satu produsen dan pemasok migas terbesar dunia, menjadi mitra penting industri migas di Indonesia. SKK Migas pun mnegaskan kesiapannya dalam mendukung CNPC agar terus meningkatkan investasi hulu migas di Indonesia.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2688 seconds (0.1#10.140)