alexa snippet

Pasar Acuhkan Comey, Dow Jones Ditutup Naik Lebih 140 Poin

Pasar Acuhkan Comey, Dow Jones Ditutup Naik Lebih 140 Poin
Wall Street ditutup menguat. Foto/Crain's New York Business
A+ A-
NEW YORK - Perdebatan soal pemecatan Direktur FBI James Comey oleh Presiden AS Donald Trump, tidak lagi menjadi konsumsi pasar. Bursa saham Amerika Serikat alias Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Jumat waktu setempat.

Melansir dari CNBC, Sabtu (20/5/2017), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 141,82 poin atau 0,69% ke level 20.804,84, didorong kinerja saham Caterpillar dan Boeing yang meningkat tajam.

Indeks S & P 500 menguat 16,01 poin atau 0,68% ke posisi 2.381,73, dimana semua saham sektor industru berakhir lebih tinggi. Nasdaq bertambah 28,57 poin alias 0,47%, ditutup pada 6.083,70.

Rencana Partai Demokrat AS yang ingin memperpanjang masalah pemecatan Comey sepi tanggapan dari pasar. Sebelumnya, pasar saham AS sempat mengalami kemunduran besar di tahun ini pada awal Mei, setelah kabar pemecatan Comey. Trump meminta Comey untuk berhenti menyelidiki mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn. Nama terakhir dituduh oleh Partai Demokrat sebagai penghubung Trump dengan Rusia saat kampanye tahun lalu.

Adapun pasar lebih mencermati kunjungan luar negeri pertama Trump ke Arab Saudi, Israel, dan Vatikan. Dalam lawatan ke Saudi, pihak Kerajaan Saudi berencana membeli senjata buatan Amerika senilai miliaran dolar.

Selain faktor politik luar negeri Trump, kenaikan ekuitas AS terkait rencana bank sentral untuk menaikkan suku bunga. Sebelumnya, Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard mengatakan The Fed mungkin akan mempercepat menaikkan suku bunga.

The Fed dijadwalkan melakukan pertemuan pada bulan depan, dimana ekspektasi pasar soal kenaikan suku bunga mendekati 80%, sebagai perkiraan Fed Watch CME Group.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top