Progres Pembangunan Istana IKN Capai 38%, Jokowi Pastikan Sesuai Target

Jum'at, 22 September 2023 - 21:02 WIB
loading...
Progres Pembangunan Istana IKN Capai 38%, Jokowi Pastikan Sesuai Target
Presiden Jokowi meninjau pembangunan gedung kantor presiden pada kawasan istana kepresidenan di IKN Nusantara. FOTO/dok.PUPR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meninjau pembangunan gedung kantor presiden pada kawasan istana kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia menyebutkan pembangunan gedung kantor presiden dan infrastruktur lainnya di KIPP sudah berjalan sesuai rencana.

"Semua sesuai rencana. Saya kira bangunan-bangunan seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, maupun Kantor Kementerian semuanya sudah berjalan sesuai target," kata Jokowi melalui pernyataan resmi, Jumat (22/9/2023).

Presiden juga optimis bahwa semua infrastruktur KIPP dapat terselesaikan sehingga pada 17 Agustus 2024 semuanya sudah dapat digunakan sesuai fungsinya.

"Kita bekerja harus optimistis. Kalau Kantor Presiden sekarang sudah 38% dan pekerjaannya juga bagus," tambah Presiden.



Presiden juga melakukan pemasangan sekrup pada modul bilah selubung Garuda sebagai seremonial perdana. Pemasangan modul bilah tersebut nantinya akan membentuk sayap burung garuda yang menjadi facade dari gedung kantor presiden. Adapun gedung kantor presiden ini didesain pula oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di ruas jalan tol IKN.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti membenarkan bahwa Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyelesaikan pembangunan gedung kantor presiden di IKN dengan progress fisik mencapai 38%.

"Kementerian PUPR sudah mulai memasang bilah-bilah garuda, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024. Karena jumlahnya ada 465 modul, dimana pada 1 modul terdapat 10 bilah garuda. Jadi, total ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang pada kantor presiden," jelas Diana.



Kepala BPPW Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra menerangkan, pembangunan gedung kantor presiden telah dilakukan Kementerian PUPR sejak November 2022.

"Pelaksana konstruksinya dari PT PP - Wika KSO dengan total alokasi anggaran untuk pembangunan gedung kantor presiden ini sebesar Rp1,56 T dan bersumber dari APBN," jelas Indra.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7817 seconds (0.1#10.140)