Banyak Negara Disebut Terjebak Utang China, Mitos atau Fakta?

Selasa, 26 September 2023 - 15:03 WIB
loading...
A A A
The Belt On Road Initiative atau Klub Inisiatif Jalur Sutra berubah menjadi proyek penagihan utang bagi China. Puluhan negara menegosiasikan kembali pinjaman mereka kepada China.

Triliunan dolar menguap di jalur sutra karena banyak negara anggota yang tidak bisa membayar pinjaman. Bank-bank China menghadapi tekanan global untuk menegosiasikan ulang yang akhirnya merugikan dirinya sendiri.



Seperti yang ditunjukkan oleh data tahunan yang dikompilasi oleh Rhodium Group berbasis AS, tingkat penegosiasian ulang, atau bahkan penghapusan utang, telah meningkat secara signifikan. Antara 2017 dan 2019, China menegosiasikan ulang atau menghapuskan utang senilai USD17 miliar.

Selanjutnya, antara 2020 dan Maret 2023, China menegosiasikan ulang atau menghapuskan pinjaman senilai USD78,5 miliar yang seharusnya diinvestasikan dalam proyek-proyek utama seperti jalan, kereta api, pelabuhan, bandara, dan lainnya.

China juga secara signifikan memotong laju pendanaan proyek-proyek Belt and Road Initiative, terutama karena krisis Covid-19 telah berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi global. Kebijakan negosiasi ulang atau penghapusan utang ini ditambah dengan kebijakan baru dengan memberikan pinjaman penyelamatan untuk membantu penerima Belt and Road Initiative menghindari kegagalan pembayaran utang.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)