10 Faktor yang Bikin Ekonomi Amerika Selalu Unggul, Nomor 5: Lotre Kartu Hijau

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:40 WIB
loading...
10 Faktor yang Bikin Ekonomi Amerika Selalu Unggul, Nomor 5: Lotre Kartu Hijau
Ekonomi Amerika Serikat selalu unggul dibanding negara lain. Foto/JPMorgan
A A A
JAKARTA - Ekonomi Amerika Serikat masih yang terbesar di dunia. Berdasarkan data Statista, tahun 2022 produk domestik bruto ( PDB ) Negeri Paman Sam mencapai USD25,4 triliun.



PDB Amerika masih lebih besar dibanding seterunya, China. Di tahun yang sama PDB China sebesar USD18,1 triliun atau hanya sekitar 71% dari PDB AS.

Amerika memang menduduki negara pertama untuk skala PDB, disusul China di peringkat kedua. Posisi ketiga diduduki Jepang dengan PDB USD4,23 triliun, Jerman USD4,07 triliun, dan India USD3,38 triliun.

Lantas mengapa ekonomi Amerika Serikat bisa unggul dibanding negara lain, terutama China? Padahal luas Amerika hanya 9,8 juta km2, kalah oleh Rusia yang luasnya 17,1 juta km2. Beda tipis dengan luas wilayah China yang 9,5 juta km2.

Dari jumlah penduduk, Amerika juga bukan tandingan India dan China yang populasinya menembus 1,4 miliar jiwa. Penduduk AS hanya di kisaran 331,9 juta jiwa (2021).

Martin S. Feldstein, profesor ekonomi di Universitas Harvard dan Presiden Emeritus Biro Riset Ekonomi Nasional, dalam artikel yang berjudul "Why the U.S. Is Still Richer Than Every Other Large Country" yang dimuat di Harvard Business Review mengungkap 10 faktor yang membuat ekonomi Amerika unggu. 10 faktor itu adalah:

1. Budaya kewirausahaan: Individu di AS menunjukkan keinginan untuk memulai bisnis dan mengembangkannya, serta kemauan untuk mengambil risiko. Hukuman dalam budaya AS lebih kecil jika gagal dan memulai lagi. Bahkan mahasiswa yang pernah kuliah atau sekolah bisnis pun menunjukkan keinginan berwirausaha ini, dan kondisi ini semakin menguatkan: kesuksesan Silicon Valley seperti Facebook menginspirasi kewirausahaan lebih lanjut.

2. Sistem keuangan yang mendukung kewirausahaan: AS memiliki sistem pembiayaan ekuitas yang lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa, termasuk angel investor yang bersedia membiayai startup dan pasar modal ventura. Investor itu sangat aktif membantu membiayai pertumbuhan perusahaan-perusahaan tersebut. AS juga memiliki sistem perbankan yang terdesentralisasi, termasuk lebih dari 7.000 bank kecil, yang memberikan pinjaman kepada pengusaha.

3.Universitas riset kelas dunia: Universitas-universitas di Amerika menghasilkan banyak penelitian dasar yang mendorong kewirausahaan teknologi tinggi. Anggota fakultas dan lulusan doktor sering kali menghabiskan waktu dengan perusahaan rintisan terdekat, dan budaya universitas dan dunia usaha mendorong terjadinya tumpang tindih ini. Universitas riset ternama menarik mahasiswa berbakat dari seluruh dunia, banyak dari mereka akhirnya menetap di Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)