PLTS Atap Jadi Upaya Dukung Pemerintah Kejar Target Dekarbonisasi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 07:39 WIB
loading...
PLTS Atap Jadi Upaya Dukung Pemerintah Kejar Target Dekarbonisasi
Pembangunan PLTS atap oleh swasta bisa mengurangi emisi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (Tjiwi Kimia), resmi mengoperasikan instalasi pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS atap terpasang pada area seluas 11.4 ha dengan kapasitas 9.8 MWp.



Direktur Utama PT Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata menjelaskan bahwa pemasangan PLTS tersebut untuk mendorong praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan dan mendukung pencapaian target dekarbonisasi .

"Instalasi PLTS ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) hingga 12.400 ton CO2 setiap tahun," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Suhendra mengatakan, instalasi ini melibatkan 11 bangunan besar, dengan memanfaatkan potensi dari atap bangunan tanpa mengganggu area terbuka hijau. Ke depannya, instalasi serupa akan dilakukan di seluruh mills APP Sinar Mas.

Langkah Tjiwi Kimia ini sejalan dengan komitmen peningkatan kinerja ESG yang lebih baik dalam setiap kegiatan bisnis dan operasional APP Sinar Mas, yang juga tertuang dalam Sustainability Roadmap Vision 2030.

Penerapan prinsip-prinsip ESG merupakan aspek penting dari rangkaian operasional perusahaan, yang harus dijadikan fokus karena akan berdampak signifikan pada kelangsungan usaha jangka panjang.

"Penerapan teknologi ini dalam proses produksi kertas tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memastikan pengurangan emisi karbon secara signifikan," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa-Timur Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan bahwa melalui inisiatif ini, Tjiwi Kimia telah menunjukkan bahwa industri dapat berkembang dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Kofifah menambahkan, untuk sebuah korporasi, PLTS Atap yang dibangun Tjiwi Kimia merupakan yang terbesar di Indonesia.



"Apa yang dilakukan oleh Tjiwi Kimia menjadi referensi tidak hanya bagi perusahaan di Jawa Timur tapi juga di Indonesia," ungkapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2386 seconds (0.1#10.140)