Apresiasi terhadap Badan Usaha yang Terapkan Good Mining Practice

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:40 WIB
loading...
Apresiasi terhadap Badan Usaha yang Terapkan Good Mining Practice
Good mining practice semakin banyak diterapkan badan usaha. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) memberikan apresiasi terhadap badan usaha pertambangan yang menerapkan prinsip atau kaidah teknik pertambangan yang baik (good mining practice). Salah satu perusahaan pertambangan yang mendapat apresiasi adalah PT Weda Bay Nickel (WBN).



WBN berhasil menerima penghargaan utama dalam Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara untuk Kelompok Pemegang Kontrak Karya (KK), Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak / Perjanjian, serta IUP BUMN dan IUP PMA Mineral.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Suswantono, menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap badan usaha pertambangan yang menerapkan good mining practice.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah terhadap badan usaha pertambangan, pemegang KK, BPK2B, IUPK, IUP, serta perusahaan jasa pertambangan pemegang IUJP yang telah berupaya menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik," ujar Bambang melalui keterangan pers, Selasa (3/10/2023).

Dia menjelaskan bahwa penilaian ini merupakan indikator kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Ditjen Minerba terhadap badan usaha pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan selama tahun 2022.

"Kegiatan ini juga menjadi salah satu tolok ukur hasil kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh kami terhadap badan usaha pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan selama tahun 2022," ungkap Bambang.

Sementara itu, Sunindyo Suryo Herdadi, Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM, berharap penghargaan ini akan memberikan motivasi tambahan kepada para pelaku pertambangan untuk terus meningkatkan kinerja mereka ke depan.

"Kegiatan ini adalah bentuk penghargaan kepada perusahaan atas kinerja yang telah mereka capai di tahun 2022 dan juga sebagai pemicu motivasi serta peningkatan kinerja di masa mendatang," ucap Sunindyo.



Penghargaan ini diberikan dalam acara prestisius Good Mining Practice (GMP) Award Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM pada Jumat, 29 September 2023.

Selain PT WBN, dua perusahaan lainnya juga mendapatkan penghargaan di kelompok yang sama, yaitu PT Tambang Tondano Nusajaya dan PT Timah Tbk.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)