85 Tahun Sinar Mas Maju Bersama Membangun Negeri

Rabu, 04 Oktober 2023 - 07:30 WIB
loading...
85 Tahun Sinar Mas Maju Bersama Membangun Negeri
Sinar Mas telah menapaki bisnis selama 85 tahun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bermula tahun 1938 di Makassar , Sulawesi Selatan, Sinar Mas telah melalui perjalanan berliku hingga menaungi sejumlah pilar usaha di berbagai sektor industri berlandaskan inovasi dan adaptasi terhadap perubahan zaman. Selama 85 tahun, Sinar Mas tak lepas dari filosofi kehidupan pendirinya, Eka Tjipta Widjaja yang kini dikenal sebagai Nilai Luhur Sinar Mas, yaitu Integritas, Sikap Positif, Komitmen, Penyempurnaan Berkelanjutan, Inovatif, dan Loyal.



Dalam perayaan perjalanan sepanjang 85 tahunnya, tagar MajuBersama terpilih guna mewakili niatan Sinar Mas untuk bertumbuh bersama dengan masyarakat, juga bangsa, lewat semangat kolaborasi, saling mendukung. Board Member Sinar Mas, Franky Widjaja menyatakan pentingnya mengadopsi Nilai Luhur Sinar Mas sebagai landasan perusahaan,

“Nilai luhur adalah navigator kita untuk bisa berkelanjutan” ungkapnya dalam sambutan saat puncak perayaan HUT Sinar Mas ke 85 Tahun di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Mengusung sejumlah inisiatif, kolaborasi guna MajuBersama antara lain berlangsung dalam upaya menaikkelaskan UMKM dengan memberikan pendampingan melekat lewat naungan skema inclusive closed loop. Sementara niatan mengkonservasi energi, berlangsung melalui pengembangan energi baru dan terbarukan berbasis minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai solusi energi hijau.

Hal mana tampak dalam rangkaian kegiatan perayaan hari jadi yang berisikan gelaran webinar Bincang UMKM: Maju Bersama Wiki Wirausaha, bulan Agustus silam. Para pelaku usaha, baik besar dan kecil, hadir berbagi pengalaman seputar langkah pendampingan agar potensi kewirausahaan masyarakat mampu berkembang menjadi entitas bisnis berdaya saing.

Seputar transformasi digital pada segenap pilar usaha Sinar Mas, serta pengenalan teknologi ini kepada para mitra binaannya, dipertontonkan pada Sinar Mas Digital Day 2023 yang berlangsung hingga dua hari di ICE BSD City Tangerang Selatan bulan Juli. Di sana, Franky menegaskan bahwa acara ini adalah platform untuk memamerkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru dari berbagai sektor perusahaan.

Digitalisasi ini juga membantu mendukung UMKM seiring dengan program peningkatan kelas UMKM. Selain itu, Sinar Mas juga berkontribusi dengan memberikan 7.200 polis asuransi mikro Simas Perlindungan secara gratis kepada UMKM dan nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai bagian dari upaya #MajuBersama menaikkelaskan UMKM.

Sebagai tuan rumah Digital Day, Sinar Mas Land menunjukkan inovasi mereka dalan mmengantarkan BSD City sebagai integrated smart city, sebuah kota terpadu dengan dukungan kuat teknologi yang humanis, untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas kehidupan warga dan masyarakat sekitarnya.

Sementara langkah pemerintah mendorong transisi energi serta penyikapan sektor industri, digali lebih dalam saat Forum Dialog: Tren, Inovasi, dan Peluang Energi Terbarukan. Pemerintah menyampaikan komitmen mengawal transisi energi secara bertahap agar tidak sampai terjadi krisis, sementara sektor privat yang terlibat dalam pengembangan bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit seperti Sinar Mas, memacu inovasi agar mampu menghasilkan biofuel berkelanjutan, termasuk potensi mengembangkannya sebagai bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan atau sustainable aviation fuel. Kegiatan ini berlangsung pada bulan September lalu di Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9287 seconds (0.1#10.140)