Bahas Lahan dan Hutan Nasional, Pemerintah Gandeng Perbankan

Sabtu, 08 Juli 2017 - 00:29 WIB
Bahas Lahan dan Hutan Nasional, Pemerintah Gandeng Perbankan
Bahas Lahan dan Hutan Nasional, Pemerintah Gandeng Perbankan
A A A
JAKARTA - Jajaran kementerian perekonomian dan perbankan melakukan rapat koordinasi untuk membahas masalah lahan dan perhutanan sosial. Dalam rapat tersebut, dibahas mengenai lahan-lahan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain itu, juga melibatkan perbankan untuk diajak berunding soal pendanaan yang bisa didapatkan masyarakat dari perbankan Indonesia yang ikut.

"Bersama KLHK, kan nanti juga ada Perhutani, bagaimana sekarang lahan-lahan yang ada di Perhutani dapat dimanfaatkan masyarakat dan mendapatkan pendanaan dari perbankan," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian usai rapat tersebut, Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, keterlibatan perbankan dalam perhutanan tersebut nantinya ada di dalam sektor Kredit Usaha Rakyat (KUR) saja, sedangkan masyarakat yang menjadi pemilik lahan.

"Jadi nanti tergantung area yang diberikan perhutanan sosial ataupun distribusi aset, itukan nanti akan ada usaha. Kami dari sisi bank sebenarnya lebih fokus di masalah KUR. Jadi nanti mereka diberikan bisnis yang bisa sustainable," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)