Indonesia Digital Meetup 2023 Kembali Digelar, Edisi Khusus Festival Wirausaha Mudah

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 13:29 WIB
loading...
Indonesia Digital Meetup 2023 Kembali Digelar, Edisi Khusus Festival Wirausaha Mudah
Dengan mengusung tagline ‘Datang Bawa Ide, Pulang Punya Bisnis’, IDM23 tidak hanya membidik audience wirausaha mapan digital saja, namun juga untuk wirausaha pemula dan calon wirausaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tahun ini merupakan kali kedua SMESCO & Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Kemenkop UKM ) menyelenggarakan Indonesia Digital MeetUp setelah sukses terselenggara di 2022 lalu. Pada penyelenggaraan Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM23) ini mengusung tema khusus, yakni “ Festival Wirausaha Mudah ” yang menaruh perhatian lebih pada langkah mudah menjadi wirausaha utamanya bagi para pelaku usaha kecil dan menengah.

Gelaran besar bagi dunia bisnis UMKM ini akan berlangsung pada hari Kamis dan Jumat, 5-6 Oktober 2023 bertempat di SMESCO Indonesia Convention and Exhibition Hall, Jakarta. Dengan mengusung tagline ‘Datang Bawa Ide, Pulang Punya Bisnis’, IDM23 tidak hanya membidik audience wirausaha mapan digital saja, namun juga untuk wirausaha pemula dan calon wirausaha. IDM23 ditargetkan akan dihadiri lebih dari 3.000 wiarusahawan dari seluruh Indonesia.



Dalam IDM23 terdapat rangkaian program exhibition dan conference yang menghadirkan berbagai narasumber yang mumpuni dalam bidang wirausaha dan bisnis di era digital. Di area exhibition yang juga menjadi showcasing ecosystem ‘Kemudahan Berwirausaha’ untuk mendukung target pencapaian rasio 4% jumlah wirausahawan pada tahun 2024.



Masih di area exhibition terdapat 80 booth peserta pameran yang berisikan 6 (enam) jenis fasilitas bisnis yang dibagi dalam masing-masing zona, yakni zona kemudahan perijinan, kemudahan produk, kemudahan logistik, kemudahan marketing, kemudahan enabler – platform SAAS, dan kemudahan pembiayaan.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan bahwa, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM bersama SMESCO mendukung pertumbuhan perekonomian melalui pembentukan ekosistem bisnis yang kondusif bagi pelaku UMKM.

"Dan IDM23 ini merupakan titik kumpul sesuai, karena menyajikan berbagai solusi digital bagi para pelaku UMKM yang ingin scaling-up bisnisnya," ungkap Menteri Teten.

Ditambahkan pula oleh Direktur Utama SMESCO Indonesia, Leonard Theosabrata bahwa “Jika ingin masuk ke dalam kategori negara maju, maka jumlah wirausahanya harus dinaikkan rasionya. Jadi inilah mengapa Kemenkop & UKM bersama SMESCO Indonesia menciptakan ekosistem yang mendukung dengan tujuan tersebut.”

Untuk sesi Conference Day berupa talkshow, firechat, monotalk dari para praktisi/UKM yang telah berhasil dengan strategi digital yang akan menjadi topiknya. Topik yang dibahas antara lain: Live streaming, video ads, video organic viral, Facebook ads, Instagram Ads, SEO, Google ads, copywriting, landing page, email marketing, strategi IPO untuk UKM, social media guerilla marketing, dan lain-lain.

Selain hal di atas, akan ada peluncuran buku branding, konsultasi hukum gratis untuk UKM, foto produk gratis untuk UKM dan konsultasi iklan dan branding di sosial media.

Indonesia Digital MeetUp 2023 ini diselenggarakan oleh Smesco Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan didukung oleh EVERPRO dan SNACKVIDEO, serta Social Bread, Desty, Mengantar, MGID, ID Express dan Remala.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)