Wall Street Berakhir Merayap Naik Dibayangi Memanasnya Konflik Timur Tengah

Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:42 WIB
loading...
Wall Street Berakhir Merayap Naik Dibayangi Memanasnya Konflik Timur Tengah
Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan, Senin (9/10/2023) waktu setempat, di tengah memanasnya konflik Timur Tengah usai Hamas melayangkan serangan kejutan terhadap Israel. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan, Senin (9/10/2023) waktu setempat, di tengah memanasnya konflik Timur Tengah usai kelompok Islam Palestina Hamas melayangkan serangan kejutan terhadap Israel. Saham energi terpantau menguat, ketika investor terus memantau konflik Israel dan Palestina .



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 197,07 poin atau 0,59% menjadi 33.604,65. Sedangkan indeks S&P 500 (.SPX) menguat 27,16 poin yang setara 0,63% menjadi 4,335.66 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 52,90 poin atau 0,39% ke posisi 13,484.24.



Berita tentang konflik Israel dan Palestina memicu kenaikan harga minyak karena kekhawatiran pasokan. Namun indeks saham berhasil membalikkan penurunan sebelumnya berkat komentar resmi Federal Reserve yang lebih dovish.

Akibatnya investor tampaknya kembali fokus pada hal-hal yang lebih berpusat pada Amerika Serikat (AS), kata John Augustine, kepala investasi di Huntington National Bank di Columbus, Ohio.

“Pasar saham dan investor fokus pada dua hal, perekonomian dan pendapatan. Perekonomian AS tidak melambat dan pendapatan diperkirakan akan keluar dari resesi dengan laporan mulai minggu ini,” kata Augustine.

"Fundamental-fundamental tersebut lebih kuat di pasar dibandingkan dengan berita utama geopolitik yang buruk pada akhir pekan. Sama seperti saat laporan pekerjaan yang kuat dibandingkan kekhawatiran terhadap The Fed pada hari Jumat."

Lonjakan imbal hasil Treasury AS baru-baru ini telah menekan ekuitas. Tekanan tersebut mereda karena kenaikan iShares Core 10+ tahun obligasi AS Exchange Traded Fund (ETF) dan iShares 20+ tahun Treasury bond ETF (TLT.O) menunjukkan bahwa imbal hasil bisa turun pada hari Selasa.

Sementara itu, para pejabat The Fed mengindikasikan bahwa kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS jangka panjang baru-baru ini, yang secara langsung mempengaruhi biaya pembiayaan rumah tangga dan bisnis, dapat mengarahkan The Fed untuk tidak menaikkan suku bunga kebijakan jangka pendeknya lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)