Pengelolaan Karbon Bakal Jadi Game Changer di Industri Migas

Selasa, 10 Oktober 2023 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Lebih lanjut, Tutuka mengatakan bahwa saat ini Indonesia memiliki 15 proyek yang difokuskan untuk implementasi CCS dan CCUS, yang antara lain digarap oleh Pertamina Hulu Energi, BP, dan ExxonMobil. Kementerian ESDM juga mendata kapasitas penyimpanan karbon saat ini yang mencapai 2 gigaton CO2. Sementara, potensi penyimpanan pada reservoir lapangan migas Indonesia diperkirakan mencapai 400 gigaton CO2.

Sementara itu, Ketua Panitia Forum Bisnis IATMI Firmansyah Arifin mengatakan, IATMI Business Forum & Batavia Networking Dinner yang mengusung tema "Strategies for a Sustainable and Decarbonized Future in Upstream Oil and Gas: Fostering Multipartite Collaboration in Enabling CCS/CCUS Implementatition for National Economic Growth" ini sengaja digelar untuk mempertemukan regulator dengan pelaku usaha, termasuk kontraktor migas. Dari kegiatan ini, diharapkan muncul usulan-usulan yang penting bagi suksesnya implementasi CCS dan CCUS di Tanah Air.

"Implementasi CCS dan CCUS ini seperti apa? Model bisnisnya bagaimana? Sehingga bisa sesuai dengan target pemerintah untuk mencapai targetnet zero emission," jelasnya.

Terkait dengan itu, dia menambahkan, IATMI juga siap berperan aktif dengan menyiapkan rumusan dan masukan mengenai CCS dan CCUS, baik dari sisi bisnis model, fiskal dan sebagainya untuk direkomendasikan ke pemerintah. "IATMI sebagai organisai profesi di industri energi akan memberikan white paper terkait CCS/CCUS ini yang akan kita rekomendasikan ke pemerintah untuk ditindaklanjuti," tutupnya.

(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)