Dijamin PII, Proyek SPAM Umbulan Mulai Konstruksi

Kamis, 20 Juli 2017 - 15:35 WIB
Dijamin PII, Proyek SPAM Umbulan Mulai Konstruksi
Dijamin PII, Proyek SPAM Umbulan Mulai Konstruksi
A A A
PASURUAN - Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur akhirnya memasuki tahap kontruksi setelah peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Fasilitas pengolahan air minum senilai Rp2,05 triliun ini merupakan proyek daerah pertama yang dibiayai oleh swasta.

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Sinthya Roesly mengatakan, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam Penyediaan Infrastruktur. Serta, Permendagi Nomor 96 tahun 2016 tentang Kerja sama Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, menyebutkan proyek yang dibiayai dengan skema KPBU wajib mendapatkan penjaminan dari PT PII.

"PT PII sebagai single window policy penyediaan penjaminan pemerintah telah memberikan penjaminan sekaligus paduan kepada Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dengan pihak swasta," ujar Sinthya Roesly dalam keterangan resmi saat acara Ground Breaking SPAM Umbulan, Pasuruan, Jatim, Kamis (20/7/2017).

Proyek senilai Rp2 Triliun ini merupakan salah satu dari 13 proyek infrastruktur skema KPBU yang telah diberikan penjaminan pemerintah melalui PT PII. Adapun 13 proyek infrastruktur tersebut yaitu 8 Proyek Tol (Batang - Semarang, Balikpapan-Samarinda, Pandaan-Malang dan Manado-Bitung, Jakarta-CikampekII Elevated, Krian-Legundi- Bunder-Manyar, Cileunyi-Sumedang-Dawuan dan Serang-Panimbang), PLTU Batang, SPAM Umbulan dan seluruh paket Proyek Palapa Ring yaitu Barat, Tengah dan Timur dengan total keseluruhan investasi sebesar Rp119 triliun.

Ia menambahkan, PT PII sangat mengapresiasi Provinsi Jawa Timur sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama, PT Meta Adhya Tirta Umbulan selaku Badan Usaha, KemenkoPerekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, IIF, dan PT SMI serta pihak terkait lainnya sehingga proyek SPAM Umbulan dapat terlaksana.

"Setelah penandatanganan Perjanjian Penjaminan, Perjanjian Regres, dan Financial Close pada tahun 2016 lalu, akhirnya proyek yang telah 40 tahun direncanakan ini bisa dieksekusi," ungkapnya.

Lebih lanjut terang dia proses ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pertengahan 2019. SPAM Umbulan direncanakan mampu memproduksi air minum sebanyak 4 ribu liter per detik dengan air baku berasal dari Mata Air Umbulan.

Air hasil olahan dari Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, ini akan disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km. Air minum tersebut akan dikelola Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemprov Jawa Timur untuk kemudian disalurkan ke 5 PDAM kabupaten dan kota yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

Proyek SPAM Umbulainini juga dikategorikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tercantum dalam Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5610 seconds (0.1#10.140)