Misi Dagang ke Nigeria, Mendag Diminta Dorong Diversifikasi Ekspor

Kamis, 27 Juli 2017 - 11:36 WIB
Misi Dagang ke Nigeria, Mendag Diminta Dorong Diversifikasi Ekspor
Misi Dagang ke Nigeria, Mendag Diminta Dorong Diversifikasi Ekspor
A A A
JAKARTA - Misi dagang Indonesia ke Afrika Selatan dan Nigeria menurut Center of Reforms Economics (CORE) Indonesia, akan mampu mendorong ekspor Indonesia. Pasalnya, ekspor Indonesia ke negara-negara Afrika belum sebanyak ekspor ke negara tujuan utama ekspor seperti China, India, dan negara-negara eropa.

“Bagus dan tepat sekali menurut saya. Karena satu dari sisi kalau kita melihat performa ekspor kita, pertumbuhan ekspor kita ke negara-negara yang bukan mitra dagang utama kita, yang nontradisional itu termasuk negara-negara di afrika, pertumbuhan ekspornya lebih rendah,” kata Faisal ketika dihubungi wartawan, Kamis (27/7/2017).

(Baca Juga: Misi Mengejar Perdagangan Indonesia dan Afrika
Lebih lanjut Ia menegaskan bahwa diversifikasi ekspor harus terus didorong ke negara-negara nontradisional. “Artinya ekspor untuk negara-negara yang bukan negara-negara tradisional, atau dalam kata lain diversifikasi ekspor itu harus terus didorong,” terangnya.

Pada 2016, total perdagangan antara kedua negara mencapai USD1,6 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia mencapai USD310,8 juta dan nilai impor sebesar USD1,28 miliar. Defisit bagi Indonesia sebagian besar berasal dari impor minyak dan gas.

Sementara jika dilihat dari sektor nonmigas, sesungguhnya Indonesia mengantongi surplus USD302,72 juta. Produk ekspor nonmigas Indonesia ke Nigeria antara lain kertas, kelapa sawit, dan turunannya seperti halnya ekspor utama negara-negara Asia Tenggara ke Afrika yaitu antara lain obat-obatan dan bumbu-bumbu.

Setelah Afrika Selatan, giliran 186 juta penduduk Nigeria menjadi sasaran ekspor pemerintah Indonesia. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebelumnya mengatakan, kesempatan tersebut sebaiknya segera dimanfaatkan oleh para pelaku usaha asal Indonesia. "Kita jangan sampai terlambat untuk mengambil peluang ini," kata Enggartiasto di Lagos, Nigeria.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5939 seconds (0.1#10.140)