Terungkap! Hamas Diduga Gunakan Siasat Canggih untuk Dapatkan Pendanaan

Senin, 16 Oktober 2023 - 20:23 WIB
loading...
Terungkap! Hamas Diduga Gunakan Siasat Canggih untuk Dapatkan Pendanaan
Hamas mendapatkan pendanaan besar untuk membeli berbagai senjata modern. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kemampuan pejuang Hamas menyerang Israel menimbukan pertanyaan besar: dari mana sumber pendanaan Hamas? Menurut laporan Reuters, hari ini (16/10/2023), Hamas menggunakan jaringan pembiayaan global untuk menyalurkan dukungan dari badan amal dan negara sahabat, memberikan uang tunai melalui terowongan Gaza atau menggunakan mata uang kripto untuk menghindari sanksi internasional.



Matthew Levitt, mantan pejabat AS yang berspesialisasi dalam kontraterorisme, memperkirakan sebagian besar anggaran Hamas yang berjumlah lebih dari USD300 juta berasal dari pajak bisnis, serta dari negara-negara termasuk Iran dan Qatar atau badan amal.

Februari lalu, Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa Hamas mengumpulkan dana di negara-negara Teluk lainnya dan mendapat sumbangan dari warga Palestina, ekspatriat lain, dan badan amal mereka sendiri.

Pejabat Hamas sendiri belum bisa dihubungi untuk memberikan komentar atas laporn ini. Di masa lalu, Hamas mengatakan pembatasan keuangan yang diberlakukan pada donornya adalah upaya untuk menetralisir perlawanan yang sah terhadap Israel.

Menurut Levitt, Hamas semakin banyak menggunakan mata uang kripto, kartu kredit, atau kesepakatan perdagangan yang dibuat-buat untuk menghindari meningkatnya pembatasan internasional.

“Hamas telah menjadi salah satu pengguna kripto yang sukses dalam pendanaan terorisme,” kata Tom Robinson, salah satu pendiri perusahaan riset blockchain Elliptic, dikutip dari Reuters.

Namun, tahun ini Hamas mengatakan akan mundur dari kripto, setelah serangkaian kerugian. Sistem buku besar Cryptocurrency dapat membuat transaksi tersebut dapat dilacak.

Peneliti Blockchain TRM Labs mengatakan minggu ini dalam sebuah catatan penelitian bahwa penggalangan dana kripto sebelumnya telah meningkat menyusul kekerasan yang diduga melibatkan Hamas. Setelah pertempuran pada Mei 2021, alamat kripto yang dikendalikan Hamas menerima lebih dari USD400.000.

Namun, sejak kekerasan akhir pekan lalu, kelompok pendukung terkemuka yang terkait dengan Hamas hanya memindahkan beberapa ribu dolar melalui kripto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)