Terungkap! Hamas Diduga Gunakan Siasat Canggih untuk Dapatkan Pendanaan

Senin, 16 Oktober 2023 - 20:23 WIB
loading...
A A A
“Salah satu kemungkinan alasan rendahnya volume donasi adalah karena pihak berwenang Israel segera menargetkan mereka,” kata TRM, seraya menambahkan bahwa Israel telah menyita mata uang kripto senilai “puluhan juta dolar” dari alamat-alamat yang terkait dengan Hamas dalam beberapa tahun terakhir.

Antara Desember 2021 dan April tahun ini, Israel menyita hampir 190 akun kripto yang dikatakan terkait dengan Hamas.

Baik melalui kripto atau cara lain, pendukung Hamas telah menemukan cara untuk mengirimkan uang ke Gaza. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan bahwa Iran menyediakan hingga USD100 juta per tahun untuk mendukung kelompok-kelompok Palestina termasuk Hamas, dan menyebutkan metode-metode untuk memindahkan uang tersebut melalui perusahaan cangkang, transaksi pengiriman dan logam mulia.

Pada tahun lalu, Hamas telah membentuk jaringan rahasia perusahaan yang mengelola investasi senilai USD500 juta di perusahaan-perusahaan mulai dari Turki hingga Arab Saudi, kata Departemen Keuangan AS, yang mengumumkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan tersebut pada Mei 2022.

Qatar yang kaya akan gas juga telah membayar ratusan juta dolar ke Gaza sejak tahun 2014, bahkan menghabiskan USD30 juta per bulan untuk membantu mengoperasikan satu-satunya pembangkit listrik di wilayah tersebut dan untuk mendukung keluarga yang membutuhkan serta pegawai negeri di pemerintahan yang dikelola Hamas.

“Bantuan Qatar memberikan USD100 dolar kepada keluarga-keluarga termiskin di Palestina dan memperpanjang masa pakai listrik selama satu hari di Gaza,” kata seorang pejabat Qatar saat menanggapi permintaan komentar pemerintah, seraya menambahkan bahwa bantuan tersebut telah membantu “menjaga stabilitas dan kualitas hidup warga Palestina.”

Qatar menerapkan kebijakan luar negeri yang ketat, dengan menjadi tuan rumah bagi pangkalan militer AS terbesar di kawasan itu, Taliban, dan kelompok lain, yang sering kali mengizinkan Qatar untuk menjadi penengah.



Stephen Reimer dari lembaga think tank, Royal United Services Institute, memperkirakan upaya baru untuk sepenuhnya membatasi akses kelompok tersebut terhadap saluran keuangan formal akan memiliki keberhasilan yang terbatas. "Taktik pendanaan mereka telah berkembang untuk menghindari hal ini."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)