IKT Bertekad Jadi Pengelola Terminal Kendaraan Kelas Dunia

Rabu, 09 Agustus 2017 - 18:54 WIB
IKT Bertekad Jadi Pengelola Terminal Kendaraan Kelas Dunia
IKT Bertekad Jadi Pengelola Terminal Kendaraan Kelas Dunia
A A A
JAKARTA - PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) siap melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) pada semester I/2018. Dana segar hasil IPO tersebut akan digunakan untuk membangun terminal kendaraan di sejumlah pelabuhan.

“Kami rencanakan secara bertahap tahun depan di semester pertama kami IPO dengan melepas 30% saham. Kira-kira mendapatkan dana segar senilai Rp1 triliun untuk kemudian kami investasikan di sejumlah wilayah,” ujar Direktur Utama PT IKT, Chiefy Adi Kuswandono di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Menurutnya, investasi tersebut akan dilakukan untuk membangun terminal kendaraan di sejumlah pelabuhan, seperti di Dumai, Makassar, Bitung, Palu, Semarang serta di Pelabuhan Patimban di Jawa Barat.

Khusus untuk Pelabuhan Patimban, Chiefy optimistis mampu merangkul kalangan produsen mobil untuk bekerja sama dengan PT IKT mengelola pelabuhan Patimban. “Ya caranya kami tawarkan saham ke produsen mobil sehingga nantinya akan lebih optimal,” ungkapnya.

Tahun ini, PT IKT yang merupakan anak usaha PT Pelindo II (Persero) fokus mengembangkan infrastruktur di terminal kendaraan Pelabuhan Tanjung Priok. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.

“Investasinya sekitar Rp300 miliar. Di antaranya kami lakukan pengerasan dan rak parking, termasuk pengembangan IT,” ujarnya.

Hingga akhir 2017, PT IKT menargetkan pendapatan sebesar Rp375 miliar dengan peningkatan volume mencapai 131-138% dibanding tahun lalu.

Chiefy menambahkan, IKT juga berusaha menarik pengguna jasa terminal dengan keunggulan-keunggulan operasional yang meliputi penerapan standar operasional terbaik di dunia, produktivitas tinggi, penerapan bekerja yang efisien dan efektif, serta mengimplementasikan kebijakan zero accident. “Kami optimistis bisa menjadi salah satu pemain terminal kendaraan kelas dunia dengan target-target itu,” pungkas dia.

Di tempat yang sama, Direktur Operasi PT IKT Indra Hidayat Sani mengatakan, pelayanan terbaik terus dilakukan kepada konsumen dengan memenuhi service level of agreement.

“Makanya peningkatan infrastruktur terus dibenahi hingga seefisien mungkin, termasuk dengan memaksimalkan sistem informasi dan teknologi yang kami miliki,” kata Indra.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam layanan logistik dan bongkar muat kendaraan, spare part dan pengiriman alat berat di Pelabuhan Tanjung Priok, PT IKT juga akan menjalin kerja sama dengan pihak swasta maupun badan usaha lain dengan fokus pada empat sektor pengiriman. Di antaranya kapal, kendaraan (CBU), alat berat serta spare part.

“Dengan pengalaman dan kepuasan konsumen, ekspansi akan terus kami lakukan termasuk menggandeng pihak swasta dan BUMN lain. Salah satunya datang dari Pelindo,” katanya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6069 seconds (0.1#10.140)