Pelindo 1 Teken Kesepakatan Garap Terminal Kendaraan dan Peralatan Pelabuhan

Kamis, 12 November 2020 - 22:20 WIB
loading...
Pelindo 1 Teken Kesepakatan Garap Terminal Kendaraan dan Peralatan Pelabuhan
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Pelindo II.

Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama mengatakan, dengan penandatanganan tersebut akan mampu menggali potensi serta membuka peluang dari bisnis Pelindo 1.

Menurut dia, sinergi ini selaras dengan tiga hal yang dijalankan Pelindo 1 yakni revenue enhancement (peningkatan pendapatan), cost effectiveness (efektivitas biaya), dan operational excellence (operasional yang unggul).

"Model bisnis saat ini sudah tidak bisa dilakukan secara individual lagi, sehingga kita harus saling berkolaborasi dengan harapan mampu memberikan layanan yang lebih cepat, murah, dan efisien,” jelas Dani, Kamis (12/11/2020).

( )

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. bergerak di bidang pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa terkait dengan kepelabuhanan serta sebagai penyedia fasilitas terminal kendaraan (car terminal) di Tanjung Priok. Ruang lingkup kerjasama yang disepakati dalam MoU antara lain adalah pengelolaan terminal kendaraan di pelabuhan yang dikelola Pelindo 1.

Sedangkan PT Jasa Peralatan Pelabuhan yang bergerak di bidang penunjang kegiatan angkutan dan perjalanan meliputi penunjang dan pelengkap kegiatan angkutan dan jasa perjalanan, pelayanan bongkar muat barang kecuali pergudangan.

Ruang Lingkup dari kerjasama antara kedua belah pihak tersebut meliputi hal pengoperasian, pemeliharaan, penyediaan peralatan bongkar muat, jasa konsultasi dan penyediaan suku cadang peralatan Pelabuhan di Pelindo 1.

Plh Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal, Arif Isnawan mengatakan, terdapat potensi dan peluang pada pengelolaan pelabuhan PT Pelindo 1 meliputi pasar domestik dan internasional. “Kami akan jajaki peluang-peluang tersebut sehingga bisa memberikan layanan yang efisien bagi para pengguna jasa,” pungkasnya.



Penandatanganan kesepakatan tersebut akan terkait dengan pengelolaan terminal kendaraan dan pengoperasian peralatan pelabuhan di wilayah Pelindo 1.

Sebagai informasi PT Indonesia Kendaraan Terminal merupakan terminal yang secara khusus diusahakan secara komersial untuk memberikan jasa pelayanan terminal kendaraan. Adapun pelayanan jasanya meliputi Stevedoring, Cargodoring, Receiving, dan Delivery. Perusahaan ini dimiliki PT Pelindo II juga dikenal sebagai IPC Car Terminal.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)