alexa snippet

Penyaluran Kredit UMKM Bank BJB di Karawang Capai Rp128 Miliar

Penyaluran Kredit UMKM Bank BJB di Karawang Capai Rp128 Miliar
Penyaluran kredit UMKM Bank BJB di Karawang mencapai Rp128 miliar. Foto/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Penyaluran kredit bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Bank BJB di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tembus Rp128 miliar. Porsi penyaluran pembiayaan akan terus ditingkatkan seiring tumbuhnya ekonomi kreatif di kawasan tersebut.

Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Hakim Putratama mengatakan, Kabupaten Karawang merupakan salah satu bidikan Bank BJB dalam melakukan penetrasi kredit. Realisasi kredit bagi pelaku UMKM di kawasan ini tercatat cukup baik mencapai Rp128 miliar.

"Dari realisasi kredit senilai Rp128 miliar itu, Bank BJB telah merangkul sekitar 1.091 pelaku usaha. Mereka berasal dari berbagai segmen, meliputi pertanian, peternakan, industri pengolahan, transportasi, home industry, dan sektor lainnya. Bunga yang kami tawarkan pun cukup ringan,” jelas Hakim di Bandung, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, penyaluran kredit bagi UMKM cukup memberikan dampak positif bagi bergeraknya ekonomi di Kabupaten Karawang. Hakim mencatat, bergeraknya industri kreatif dan kerakyatan mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja. Tercatat dari jumlah debitur Bank BJB itu, berhasil menyerap 2.950 tenaga kerja.

Tak hanya menyalurkan kredit UMKM, Bank BJB pun terus memperbesar penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bank BJB mencatat, selama 2017 banknya telah membiayai para pengusaha kecil di Karawang melalui program KUR yang jumlahnya mencapai Rp8,9 miliar.

"Ini adalah komitmen kami mendukung program pemerintah melalui penyaluran KUR, sebagaimana amanat Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia yang menunjuk Bank BJB sebagai penyalur KUR," timpal dia.

Menurut dia, Bank BJB terus berperan aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan. Bank BJB, juga ikut berperan aktif dalam memajukan ekonomi masyarakat Karawang melalui penyaluran-penyaluran kredit kepada pelaku UMKM.

Apalagi, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Karawang merupakan salah satu pemegang saham sekaligus nasabah setia Bank BJB. Penetrasi pembiayaan tentunya akan terus diperbesar, dalam rangka menggerakkan dan mendorong laju perekonomian di daerah.

Sebagai tanggung jawab sosial, lanjut dia, Bank BJB juga konsisten menyalurkan dana CSR kepada masyarakat. Hingga kini, total dana CSR yang disalurkan mencapai Rp3,2 miliar. Dana itu menyasar sektor pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup.



(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top