Dua Dewan Penasihat Bisnis Bubar, Dewan Infrastruktur Trump Mandek

Jum'at, 18 Agustus 2017 - 14:45 WIB
Dua Dewan Penasihat Bisnis Bubar, Dewan Infrastruktur Trump Mandek
Dua Dewan Penasihat Bisnis Bubar, Dewan Infrastruktur Trump Mandek
A A A
WASHINGTON - Rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk membentuk dewan penasihat untuk infrastruktur bakal berjalan mandek, setelah sebelumnya diumumkan pembubaran dua dewan penasihat bisnis. Langkah tersebut menyusul mundurnya beberapa CEO, yang memprotes komentar Trump di akhir pekan soal kerusuhan Virginia.

Seperti dilansir BBC, Jumat (18/8/2017) Trump tengah menerima tekanan dari para pemimpin bisnis, terkait pernyataan yang tidak hanya menyalahkan white supremacist, tapi juga aktivis anti rasisme yang menentang mereka. Menurut seorang pejabat Gedung Putih menyatakan, dewan infrastruktur yang masih sedang dibentuk tidak akan bergerak maju.

Trump dalam sebuah pertemuan executive bulan lalu menandatangani kesepakatan untuk menciptakan dewan penasihat infrastruktur untuk menghabiskan sekitar USD1 triliun ke sektor infrastruktur. Diterangkan dana besar tersebut nantinya bakal digunakan untuk pembuatan hingga perbaikan jalan, jembatan dan bandara untuk menjadi bagian penting dari agenda legislatif.

Namun pada tengah pekan kemarin, Rabu (16/8) Trump terpaksa membubarkan dua dewan penasihat bisnis Gedung Putih di tengah keluarnya para kepala eksekutif. American Manufacturing Council dan Strategic and Policy Forum resmi bubar dimana anggota kedua dewan penasihat ini adalah para pemimpin perusahaan besar AS. Ada delapan CEO yang mundur dari dewan penasihat sejak awal pekan kemarin.

Paling akhir adalah CEO Campbell Soup Denise Morrison dan CEO 3M Inge Thulin. CEO Blackstone Group, Stephen Schwarzman mengepalai Strategic and Policy Forum. Schwarzman adalah sekutu dekat Trump di dunia bisnis. "Daripada memberi tekanan pada pebisnis di Dewan Manufaktur dan Strategi & Forum Kebijakan, saya akan mengakhiri kedua," kata Trump di Twitter.

Sebelumnya Trump merencanakan bakal menarik anggota Dewan Penasehat Infrastruktur dari kalangan real estat, konstruksi dan bagian lain dari ekonomi. Pada awal tahun Ia juga sempatkan mengatakan panel akan dipimpin oleh pengembang properti terkenal dua New York. Sementara BBC mengungkapkan perwakilan untuk para pengembang, Steve Roth Vornado Realty Trust dan Richard LeFrak dari LeFrak, tidak dapat dihubungi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4505 seconds (0.1#10.140)