Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Tertahan 20 Menit, KCIC Beberkan Penyebabnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Sistem pengamanan berlapis juga terdapat di sarana Kereta Cepat Whoosh yang sudah dilengkapi dengan dua emergency brake. Pertama Emergency Brake EB yang bekerja berdasarkan perintah driver controller, fasilitas emergency brake penumpang dan kontrol kewaspadaan masinis.

Emergency brake kedua disebut Emergency Brake UB yang akan aktif berdasarkan fungsi Automatic Train Protection (ATP), pendeteksi jarak antar kereta dengan benda asing dan pada saat power kereta dalam kondisi off / tidak bekerja.

Dengan dua sistem emergency brake ini, kereta Whoosh menawarkan tingkat keamanan yang lebih untuk melindungi perjalanan kereta pada saat terjadi kondisi yang dianggap membahayakan termasuk jika terdapat kesalahan sistem maupun human error.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jalur serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dan berkordinasi dengan kewilayahan setempat untuk mencegah hal serupa kembali terulang," katanya.

Adapun berdasarkan video yang diupload oleh @infobdgbaratcimahi, terlihat seorang pria berjalan di atas jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Mendapat laporan warga seorang pria hendak loncat dari atas jalur kereta cepat jakarta-bandung di daerah Campaka Mekar, Kec. Padalarang Kab. Bandung barat (23/10/23) pukul 12.37 wib," tulis keterangannya dikutip, Senin (23/10/2023).
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)