Sistem Bayar Pajak Masih Rumit, Ganjar: Mengapa Tidak Dipermudah

Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:45 WIB
loading...
Sistem Bayar Pajak Masih Rumit, Ganjar: Mengapa Tidak Dipermudah
Calon Presiden Ganjar Pranowo beranggapan sistem pembayaran pajak masih rumit sehingga perlu dipermudah. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo menilai bahwa masyarakat masih enggan bayar pajak . Pria berambut putih tersebut menilai bahwa masalahnya adalah sistem pembayaran yang rumit.

Hal ini diutarakannya dalam acara ‘11th US-Indonesia Investment Summit Mapping the Legacy’ di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (24/10/2023)

"Orang-orang mau bayar pajak kadang-kadang sulit, takut, dan semuanya menjadi rumit, kenapa tidak dipermudah," tegasnya di sela-sela acara.

Ganjar menilai bahwa kunci dari pendapatan negara ada pada pajak. Apabila wajib pajak enggan bayar pajak maka pendapatan negara dapat terpengaruh.

"Berbicara tentang pendapatan negara, maka kita bicara tentang pajak.” ujar Ganjar.



Revisi regulasi menjadi saran Ganjar Pranowo agar sistem bayar pajak dapat dipermudah. Ia menekankan pentingnya penyuluhan pajak yang dapat dipahami dengan baik agar masyarakat tidak merasa takut membayar pajak.

Menurutnya, kewajiban warga negara untuk bayar pajak adalah suatu hal yang pasti, tetapi perlu dipemudah melalui peningkatan regulasi, sistem, dan lembaga terkait.

“Maka penataan mulai dari regulasinya sistem dan kelembagaannya," lanjutnya.

Dirinya bahkan menggarisbawahi bahwa Direktorat Jenderal Pajak harus diisi oleh individu yang memiliki integritas dan dedikasi penuh, sehingga pelayanan kepada wajib pajak dapat ditingkatkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)