BKPM Menangkap Sinyal Rencana TikTok Shop Hadir Lagi di RI

Kamis, 26 Oktober 2023 - 17:11 WIB
loading...
BKPM Menangkap Sinyal Rencana TikTok Shop Hadir Lagi di RI
Kementerian Investasi atau BKPM mengatakan, bahwa sudah ada sinyal-sinyal dari TikTok yang mengarah pada pembukaan bisnis pada sektor e-commerce di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) mengatakan, bahwa sudah ada sinyal-sinyal dari TikTok yang mengarah pada pembukaan bisnis pada sektor e-commerce di Indonesia.

"Dari sisi keinginan mereka (TikTok) ada intensi mengarah kesana (pembukaan e-commerce)," kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Kementerian Investasi/BKPM, Nurul Ichwan saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (26/10/2023).



Namun menurut Ichwan, TikTok masih berhati-hati dalam mengambil langkah, sebab TikTok tidak ingin memunculkan image bahwa mereka melawan hukum yang berlaku di Indonesia."Jadi mereka mau proper dan hati-hati sekali untuk melakukan itu," ungkap Ichwan.



Ichwan juga memastikan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima pengajuan perizinan dari pihak TikTok untuk membuka usaha e-commerce di Indonesia. Dia menuturkan bahwa berdasarkan hasil diskusi dengan BKPM, TikTok masih melakukan pembahasan terkait bisnis di sektor e-commerce.

"Mereka masih sedang membahas, ketika mereka nanti akan mencoba melihat untuk yang market place mereka pasti akan membangun lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui, sinyal TikTok merambah ke dunia e-commerce menguat setelah Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengungkapkan, bahwa CEO TikTok Shou Zi Chew sudah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengajukan pertemuan.

"Saya sudah dengar dan memang CEO Tiktok sudah mengajukan bertemu dengan Presiden," kata Teten saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/10).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8415 seconds (0.1#10.140)