Operasikan 1.260 Km Jalan Tol, Jasa Marga Pilih Skema Sekuritisasi

Selasa, 05 September 2017 - 19:04 WIB
Operasikan 1.260 Km Jalan Tol, Jasa Marga Pilih Skema Sekuritisasi
Operasikan 1.260 Km Jalan Tol, Jasa Marga Pilih Skema Sekuritisasi
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mengemukakan bahwa skema sekuritisasi menjadi salah satu pilihan pendanaan yang diambil perseroan, untuk mengoperasikan 1.260 kilometer (km) jalan tol. Saat ini, perseroan telah melakukan sekuritisasi terhadap asetnya yaitu tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menjelaskan, perseroan mensekuritisasi pendapatan (revenue) dari tol Jagorawi di masa yang akan datang. Per tahunnya, pendapatan tol Jagorawi sekitar Rp400 miliar.

"Ruas yang kami pilih adalah Jagorawi yaitu tol pertama di Indonesia, di ruas Jagorawi itu setahunnya Rp400 miliar sampai lima tahun yaitu Rp7 triliun dan Rp2 triliun kami lepas ke market. Ternyata market sangat interest dan over subscribe sampai 2,5 kali dengan kupon yang sangat baik untuk kedua belah pihak," katanya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Dia menyebutkan, perseroan memiliki panjang konsesi jalan tol sekitar 1.260 kilometer (km). Namun, perseroan baru mengoperasikan sekitar 607 km jalan tol dan masih ada sisa 653 km yang harus dioperasikan.

"Jadi masih ada 653 km yang harus dioperasikan, dan ini semua ruasnya sedang on going konstruksinya. Setiap tahun, kami akan operasikan 200 km panjang jalan tol baru sampai 2019," imbuh dia. Baca Juga: Bikin Macet, Jasa Marga Tutup Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis
Menurutnya, untuk mengoperasikan jalan tol tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Jasa Marga mencari produk finansial yang non-konvensional, seperti sekuritisasi.

"Ini membutuhkan dana yang besar, sehingga kami membutuhkan beberapa produk finansial berbeda dengan biasanya konvensional dari bank. Jadi ini yang baru kami luncurkan. Dan beberapa waktu ke depan, kami akan ada lagi," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7958 seconds (0.1#10.140)