Ekonomi Minus, Menkeu Pastikan Keuangan Nasional Kuartal II Masih Normal

Rabu, 05 Agustus 2020 - 18:27 WIB
loading...
Ekonomi Minus, Menkeu Pastikan Keuangan Nasional Kuartal II Masih Normal
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut sistem keuangan nasional pada kuartal II (April-Juni 2020) dalam kondisi normal meski Covid-19 sangat berdampak pada kegiatan perekonomian.

"Komite Stabilitas Sistem Keuangan melihat bahwa stabilitas sistem keuangan pada kuartal kedua April-Juni dalam kondisi normal meski kewaspadaan terus ditingkatkan," kata Sri Mulyani pada konferensi pers KSSK yang disiarkan secara daring, Rabu (5/8/2020).

Akibat pandemik ini, Menkeu menyebut berbagai lembaga internasional melakukan koreksi pertumbuhan ekonomi global secara sangat tajam. Seperti IMF yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi global minus 4,9%. Lalu Bank Dunia yang menyebut pertumbuhan ekonomi global minus 5,2%. (Baca juga: Pedagang Pasar Tak Heran Ekonomi RI Minus 5,32%, Ini Sebabnya )

"OECD memproyeksikan dalam rentang antara minus 7,6% dan minus 6%. Dan ini lebih diakibatkan oleh adanya ketidakpastian apakah akan ada second wave (gelombang kedua Covid-19)," jelasnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga sudah terlihat menurun sejak kuartal I. Ini disebabkan pada kuartal I ekonomi terbesar di dunia yaitu China mengalami kontraksi sangat tajam minus 6,8%. (Baca juga: TikTok Dipaksa Jual, China Pamer 'Anak Selingkuhan' Harley Davidson )

"Dan itu pengaruh ke pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana mitra dagang dan investasi sangat dipengaruhi kondisi ekonomi global dan regional termasuk ekonomi RRT yang lambat secara drastis akibat Covid-19," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)