Ekonomi Minus, Menkeu Pastikan Keuangan Nasional Kuartal II Masih Normal

loading...
Ekonomi Minus, Menkeu Pastikan Keuangan Nasional Kuartal II Masih Normal
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut sistem keuangan nasional pada kuartal II (April-Juni 2020) dalam kondisi normal meski Covid-19 sangat berdampak pada kegiatan perekonomian.

"Komite Stabilitas Sistem Keuangan melihat bahwa stabilitas sistem keuangan pada kuartal kedua April-Juni dalam kondisi normal meski kewaspadaan terus ditingkatkan," kata Sri Mulyani pada konferensi pers KSSK yang disiarkan secara daring, Rabu (5/8/2020).

Akibat pandemik ini, Menkeu menyebut berbagai lembaga internasional melakukan koreksi pertumbuhan ekonomi global secara sangat tajam. Seperti IMF yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi global minus 4,9%. Lalu Bank Dunia yang menyebut pertumbuhan ekonomi global minus 5,2%. (Baca juga: Pedagang Pasar Tak Heran Ekonomi RI Minus 5,32%, Ini Sebabnya)

"OECD memproyeksikan dalam rentang antara minus 7,6% dan minus 6%. Dan ini lebih diakibatkan oleh adanya ketidakpastian apakah akan ada second wave (gelombang kedua Covid-19)," jelasnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga sudah terlihat menurun sejak kuartal I. Ini disebabkan pada kuartal I ekonomi terbesar di dunia yaitu China mengalami kontraksi sangat tajam minus 6,8%. (Baca juga: TikTok Dipaksa Jual, China Pamer 'Anak Selingkuhan' Harley Davidson)



"Dan itu pengaruh ke pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana mitra dagang dan investasi sangat dipengaruhi kondisi ekonomi global dan regional termasuk ekonomi RRT yang lambat secara drastis akibat Covid-19," tandasnya.
(ind)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top