Tak Hanya Nasional, LVV Sucofindo Juga Layani Perhitungan Karbon Internasional

Rabu, 01 November 2023 - 13:29 WIB
loading...
Tak Hanya Nasional, LVV Sucofindo Juga Layani Perhitungan Karbon Internasional
PT Sucofindo saat ini tengah melakukan perhitungan klaim karbon pada proyek pengumpulan dan daur ulang sampah plastik di Inggris. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Layanan Validasi dan Verifikasi (LVV) yang diluncurkan PT Sucofindo bulan Agustus lalu tak hanya menerbitkan opini untuk perusahaan dalam negeri, tapi juga untuk perusahaan internasional yang beroperasi di luar negeri. Layanan tersebut membantu pelaku usaha yang ingin memastikan perhitungan karbonnya dan atau melantai di bursa karbon Indonesia maupun luar negeri.

Direktur Utama Sucofindo Jobi Triananda mengatakan, baru-baru ini pihaknya melakukan perhitungan klaim karbon pada proyek pengumpulan dan daur ulang sampah plastik di Inggris. "Kami bekerja sama untuk pilot project pengumpulan dan recycling sampah plastik di UK, dan saat ini sedang dalam proses validasi," kata Jobi melalui keterangan tertulis, Rabu (1/11/2023).



Layanan validasi dan verifikasi tersebut, tegas Jobi, sangat dibutuhkan khususnya pada ekosistem bursa karbon. Dalam ekosistem bursa karbon ini, peran LVV Sucofindo adalah melakukan pemastian atas inventarisasi emisi organisasi dan klaim proyek-proyek serapan karbon yang diperjualbelikan.

Dia mengatakan, melalui peran tersebut Sucofindo turut berkontribusi dalam upaya penurunan emisi, tak hanya di lingkup nasional, tetapi juga di level Internasional. Sucofindo, lanjut Jobi, siap membantu mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dan membantu industri terlibat dalam aksi mitigasi dan menjadikan Indonesia sebagai bursa karbon dunia.

“Kami melihat masa depan perdagangan karbon di Indonesia sebagai peluang untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Potensi proyek aksi mitigasi perubahan iklim di Indonesia sangat besar, Sucofibdo dapat menjadi salah satu lembaga dalam membantu mewujudkan pusat pasar karbon dunia," katanya.



Lebih lanjut Jobi mengatakan bahwa selain LVV, Sucofindo juga memiliki layanan hijau berkelanjutan lain seperti ESG Consultation yang membantu pelaku usaha menyiapkan roadmap ESG dan proses implementasi, dan pelaporan ESG.

Sucofindo, tambah dia, juga mampu melayani audit energi, konsultansi sustainable mining, sertifikasi green office, sertifikasi green building, konsultansi di bidang energi baru terbarukan (EBT), green project management, sertifikasi industri hijau, environmental laboratory, dan sertifikasi green gold label (GGL).

Jobi menegaskan, Sucofindo optimis mampu memimpin industri jasa survei dalam pertumbuhan kinerja, dan mendukung para pemangku kepentingan dalam mengharmonisasikan bisnis dengan implementasi keberlanjutan lingkungan, sosial tata kelola yang baik melalui layanan testing, inspection and certification (TIC).

"Ini sejalan dengan tema perayaan hari ulang tahun kami yang ke-67, yaitu Sucofindo Leading Beyond Growth," tutup Jobi.

(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)