Pemerintah Kantongi Investasi IKN Rp45 Triliun hingga Desember 2023, Intip Daftar Proyeknya

Kamis, 02 November 2023 - 12:31 WIB
loading...
Pemerintah Kantongi Investasi IKN Rp45 Triliun hingga Desember 2023, Intip Daftar Proyeknya
Nilai investasi yang bakal terealisasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga Desember 2023 mendatang, tercatat berjumlah Rp45 triliun. Berikut daftar proyek yang bakal melakukan groundbreaking. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai investasi yang bakal terealisasi di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) hingga bulan Desember 2023 mendatang, tercatat berjumlah Rp45 triliun. Angka itu merupakan total kalkulasi sejak groundbreaking pada bulan September lalu.



Presiden Jokowi menjabarkan, pada bulan September lalu nilai investasi yang sudah terealisasi sebesar Rp23 triliun, kemudian groundbreaking kedua di November jumlahnya Rp12 triliun, dan pada Desember nanti kemungkinan realisasi investasi di IKN senilai Rp10 triliun.

"Semakin banyak yang berbondong-bondong utamanya Investor dalam negeri, yang lalu (September) kita groundbreaking senilai Rp23 triliun, kemudian hari ini Rp12 triliun, dan Desember totalnya menjadi Rp45 triliun," kata Presiden Joko dalam keterangan persnya dikutip Kamis (2/11/2023).



Realisasi investasi dari pelaku usaha swasta dalam negeri di IKN yang sudah berlangsung sejak bulan September itu mencakup berbagai sektor. Seperti rumah sakit, mall, hotel, sekolah, dan lainnya.

Groundbreaking diawal pada bulan September lalu dengan nilai investasi Rp23 triliun. Setidaknya ada 10 pelaku usaha yang tergabung dalam konsorsium Agung Sedayu Group yang dipimpin oleh bos Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma. Adapun nilai investasi konsorsium ini kurang lebih senilai Rp20 triliun.

Adapun anggota konsorsium terdiri dari bos-bos perusahaan dari Salim Group, Sinarmas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group, dan Alfamart group. Konsorsium tersebut tengah melakukan pembangunan untuk pendirian mall, hotel, dan perkantoran di IKN.

Selain konsorsium ASG, Vasanta Group juga sudah melakukan groundbreaking di IKN untuk membangun hotel bintang 4 di IKN yang terletak tidak jauh dari Istana Negara. Pembangunan hotel ini merupakan hasil kerjasama antara Vasanta Group dengan PT Bina Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Otorita (BUO).

Selanjutnya juga sudah dilakukan groundbreaking RS Abdi Waluyo pada bulan September lalu. Rumah sakit ini menjadi RS pertama yang berdiri di IKN. Nilai investasi Abdi Waluyo sebesar Rp2 triliun, yang nantinya akan membangun 400-an kamar. Bahkan rumah sakit tersebut bukan hanya menjadi rumah sakit umum tetapi menajdi RS Sub Spesialis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)