Rute Gemuk di Pulau Jawa Mulai Ramai, Penerbangan Domestik Tumbuh 85%

Kamis, 02 November 2023 - 14:20 WIB
loading...
Rute Gemuk di Pulau Jawa Mulai Ramai, Penerbangan Domestik Tumbuh 85%
Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, kabar baik dari sektor penerbangan, dimana pertumbuhan penerbangan domestik di Indonesia telah mencapai 85%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, bahwa saat ini kondisi industri penerbangan di Indonesia sedang dalam fase yang mulai membaik pasca covid-19, meski belum sepenuhnya. Diterangkan olehnya ada sejumlah tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini, mulai dari terbatasnya jumlah pesawat, suku cadang hingga harga avtur yang masih mahal.

"Kita juga tahu bahwa USD, avtur, suku cadang, merupakan suatu hambatan-hambatan," katanya dalam acara INACA Festival 2023 di Park Hyatt, Jakarta, Kamis (2/11/2023).



Meski begitu, Menhub menyampaikan bahwa pertumbuhan penerbangan domestik di Indonesia telah mencapai 85%. Hal ini terlihat dari sibuknya penerbangan yang terjadi di bandara-bandara yang mengalami rute gemuk di Pulau Jawa.

"Saya juga ingin sampaikan bahwa kabar yang menggembirakan bahwa walaupun dalam keadaan survival, pertumbuhan penerbangan kita domestik itu sudah 85 persen, internasional 75%. Kita lihat di bandara-bandara utama terutama itu kesibukan luar biasa," katanya.



Meski begitu, Menhub juga mengungkapkan bahwa saat ini masih terdapat bandara-bandara kecil di luar Pulau Jawa yang masih sepi penerbangan.

"Oleh karenanya dalam acara hari ini tolong dibahas, kita jangan bicara soal rute gemuk saja Jakarta-Bali, Jakarta-Makassar, tetapi bagaimana saudara kita yang di Saumlaki, saudara kita yang di Miangas, itu dapat terjangkau dengan baik," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)