DPR Keberatan Pasar Komoditas Jadi Penyelenggara Lelang Gula

Rabu, 27 September 2017 - 21:17 WIB
DPR Keberatan Pasar Komoditas Jadi Penyelenggara Lelang Gula
DPR Keberatan Pasar Komoditas Jadi Penyelenggara Lelang Gula
A A A
JAKARTA - Kalangan Komisi VI DPR meminta pemerintah membatalkan penetapan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi.

Anggota Komisi VI DPR Abdul Wachid menyatakan keberatannya atas rencana Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi untuk kebutuhan 3,5 juta ton per tahun.

"Kita tidak setuju karena perusahaan ini masih baru, belum teruji. Masak lelang besar diserahkan kepada pihak swasta yang belum berpengalaman, ini kan bisa berakibat fatal," katanya di Jakarta, Selasa (27/9/2017).

Wachid menyarankan, penyelenggara lelang diserahkan kepada perusahan BUMN yang sudah teruji menyelenggarakan lelang kebutuhan pangan. Bisa diserahkan kepada Bulog atau BUMN lain.

"Jika diserahkan kepada BUMN negara juga mendapat keuntungan dengan masuknya penerimaan negera bukan pajak. Kalau swasta baru, yang untung pemiliknya," imbuh dia.

Anggota Komisi VI DPR Lili Asjudiredja juga menolak keputusan penetapan Pasar Komoditas Jakarta sebagai penyelenggara lelang gula rafinasi 3,2 juta ton untuk kebutuhan industri makanan dan minuman.

"Masak perusahaan swasta yang belum punya jam terbang diberikan program melakukan lelang untuk kebutuhan besar. Sebaiknya keputusan pemerintah menunjuk Pasar Komoditas Jakarta dibatalkan," katanya.

Menurutnya, penyerahan tanggung jawab lelang gula rafinasi kepada perusahaan swasta yang belum berpengalaman, patut dicurigai ada manipulasi dan kongkalikong. "Menunjuk perusahaan baru, ini pasti ada permainan di belakangnya. Jangan sampai ini dibiarkan, ada indikasi kuat penyalahgunaan main belakang," ujar dia.

Lili mendesak bila perlu Presiden Jokowi turun tangan mengawasi proses lelang. Sebab, lelang 3,5 juta ton bukan perkara mudah. Diperlukan perusahaan berpengalaman untuk mengurusnya, karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Lili menyarankan, lebih baik pemerintah menunjuk BUMN sebagai otoritas yang mengadakan proses lelang. Hal ini agar keuntungan dari proses lelang bisa tetap mengalir ke pemerintah dalam bentuk Pendapatan Negara Bukan Pajak.

"Bahaya kalau swasta diberikan kewenangan. Perusahaan baru masak mau dikasih untung besar, sementara ada BUMN yang profesional tapi tidak dilirik," sarannya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5161 seconds (0.1#10.140)