Srikandi Ganjar Ajak Pemuda Lestarikan Bir Pletok Minuman Khas Betawi

Sabtu, 04 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
Srikandi Ganjar Ajak Pemuda Lestarikan Bir Pletok Minuman Khas Betawi
Srikandi Ganjar Jabodetabek untuk mengenalkan bir pletok kepada masyarakat agar untuk mempertahankan eksistensinya. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bir pletok ini merupakan salah satu minuman khas betawi yang kerap menjadi minuman untuk menghangatkan tubuh yang tidak mengandung alkohol di era kolonialisme Belanda.

Saat ini, banyak anak muda yang tidak mengetahui minuman khas betawi tersebut, hal ini menjadi motivasi Srikandi Ganjar Jabodetabek untuk mengenalkan bir pletok kepada masyarakat agar untuk mempertahankan eksistensinya.

"Ini minuman alami dengan rempah-rempah yang asli berasal dari Indonesia," ujar Korwil Srikandi Jabodetabek, Wahyuni Safitri di Kayumas Utara, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Srikandi Ganjar Jabodetabek mengenalkan bagaimana cara membuat bir pletok dan berupaya untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda untuk melestarikan keberadaan bir pletok tersebut.

"Sudah sepantasnya kita melestarikan adat budaya khas betawi beer pletok ini," kata Safitri.



Dalam kegiayan tersebut Safitri memberikan edukasi seputar cara pembuatannya dan bagaimana mengemasnya agar bir pletok ini menjadi menarik dan diminati masyarakat siapapun. Dengan harapan agar bir pletok mampu menjadi sentra oleh-oleh bagi masyarakat yang hendak datang ke Jakarta.

"Kita punya misi agar mereka mencintai budaya daerah dan meneruskan minuman ini salah satu cara untuk melestarikannya dengan terlibat untuk menekuni usaha beer pletok," lanjut Safitri.

Senada dengan Safitri, salah seorang peserta, Puspa Lamondjong (31) mengungkapkan keyakinannya bahwa bir pletok ini keberadaannya bisa semakin berkembang dan menjadi peluang usaha bagi generasi muda, khususnya warga Jakarta.

"Berpeluang untuk dijadikan peluang usaha, karena keberadaanya udah jarang dan melihat ketertarikan masyarakat terhadap kulineran lokalan ini sangat tinggi, maka, kami yakin apabila dikembangkan menjadi usaha cukup menjanjikan," kata Puspa.



Puspa berharap keberadaan Srikandi Ganjar bisa menjadi pelecut generasi muda untuk senantiasa kreatif, inovatif dan cepat menrespon sebuah peluang.

Dirinya mengapresiasi langkah Srikandi Ganjar yang selama ini konsistem dalam memberdayakan generasi muda khususnya perempuan di bidang sosial maupun ekonomi. "Semoga Srikandi Ganjar lebih kreatif dan inovatif dalam memberdayakan anak-anak muda di bidang sosial maupun usaha," pungkas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)